Zona Berita

Program Beras Sejahtera Diganti Dengan Program BPNT

ZONADAMAI.COM – Program Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan diganti dengan Program Bantuan Non Tunai (BPNT). Warga kurang mampu tidak akan lagi menerima Rastra. Sebagai gantinya, mereka menerima uang nontunai per bulan dalam bentuk kartu yakni Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Dr Misri Hasanto mengatakan pada bulan Mei mendatang, program Rastra akan bertransformasi menjadi BPNT di mana  keluarga penerima manfaat (KPM) akan menerima transfer uang sejumlah Rp110.000 perbulan yang harus dibelanjakan untuk dua jenis barang yaitu beras dan telur.

“Nantinya KPM tidak lagi menerima beras, namun mereka menerima uangnya ditransfer ke dalam Kartu Keluarga Sejahtera, nantinya uang itu hanya dibolehkan untuk membeli dua jenis barang saja yakni beras dan telur,” kata Misri, Senin (11/3/2019).

Untuk mengawasi terhadap barang yang dibeli, setiap desa akan dibentuk e – Warung, dimana uang didalam kartu tersebut hanya bisa dibelanjakan di tempat tertentu. “Setiap KPM hanya bisa membelanjakan uang tersebut di e -Warung yang ada di desa yang nantinya akan dibentuk oleh Bank yang bermitra dengan kita. Setiap 250 KPM akan dibentuk satu e warung bahkan bisa lebih,” ujar Misri.

Lebih jauh diungkapkan pengalihan program tersebut bertujuan untuk mewujudkan 6T dalam menyalurkan bantuan. 6T yang dimaksud ialah Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Waktu, Tepat Kualitas, Tepat Harga, dan Tepat Administrasi.

“BPNT lebih mudah penyalurannya dan mencapai 6T lebih gampang daripada Rastra,” ujar Misri.Misri juga mengatakan transformasi program ini sudah sosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi yang dilakukan yakni melalui Program Keluarga Harapan (PKH) yang disampaikan oleh pendamping PKH yang bekerjasama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

“Sosialisasi sudah merata kita lakukan disetiap desa yang masyarakatnya penerima bantuan PKH,” katanya.Untuk diketahui, data keluarga yang menerima Rastra itu sekitar 14.202 KK.Sedangkan penerima bantuan PKH sebanyak 25.486 KPM.***

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s