Zona Berita

BPNT Mampu Ringankan Beban Belanja Keluarga Penerima Manfaat

ZONADAMAI.COM – Bantuan pangan nontunai (BPNT) yang telah dilaksanakan selama lebih dari dua tahun dinilai berhasil.

BPNT bahkan dinilai mampu me ri – ngankan beban belanja ke luar – ga penerima manfaat (KPM) sebesar 15-20%. Hal itu merupakan hasil sur vei yang dilakukan Mi cro – Save pada 2018. MicroSave me ru pa kan organisasi di bawah Bill dan Melinda Gates Foun da – tion.

“Jadi,walaupun program BPNT baru berumur 2,5 tahun, namun su dah menunjukkan pro gres yang sangat positif. Bah kan dalam survei tersebut di te mukan bah wa program BPNT bisa mem ban tu me ri – ngan kan beban belanja pangan bagi para KPM sebesar 15-20%.

Ini ter gan tung jumlah anggota keluarga,” kata Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kar – tasamita di Graha Insan Cita, Sukmajaya Depok, kemarin. Agus mengatakan, dari hasil survei tersebut, sebanyak 95% KPM merasa puas dengan ada program BPNT.

Mayoritas bah kan menilai program ini lebih baik dibanding program beras miskin (raskin) ataupun beras sejahtera (rastra). “Baik dari segi kualitas pangan, kuantitas pa ngan, mau – pun ketetapan wak tu pen cairan bantuan,” ungkapnya.

Di sisi lain, keberadaan e- Warong sebagai penyokong pro – gram BPNT juga dinilai mem – berikan banyak kemudahan. Dia menyebut sebanyak 97% KPM menilai e-Warong mam pu me – nye diakan bahan pangan yang di perlukan seperti beras dan telur.

“Kepuasan terhadap e-Wa – rong juga dikarenakan adanya percepatan dari pendirian e-Wa – rong yang ada. Jadi sekarang ada sekitar 78.000 e-Warong yang ter sebar di seluruh wilayah pro – gram BPNT. Jadi mudah-mudahan kami dorong terusun tukmem – berikan layanan yang lebih baik untuk para KPM,” paparnya.

Agus mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan perluasan cakupan KPM BPNT. Jika se – belumnya hanya 10,3 juta KPM, maka akan menjadi 15,6 juta KPM. Selain itu, tahun ini semua bantuan pangan akan di trans for – masi ke dalam pro gram BPNT.

“Kemudian bantuan yang di terima BPNT sebesar Rp110.000 per bulan. Dan disalurkan setiap tanggal 25 per bulannya. Rea li – sasi pemanfaatan BPNT per 8 Februari 2019 sudah mencapai 93%,” katanya.

Tidak hanya itu, dia juga me – nyebut akan melakukan per – ubah an dalam program BPNT. Dalam hal ini penambahan ba – han pokok yang bisa dibeli oleh KPM. “Kami juga laporkan ba – pak, aturan dari kami sekarang ha nya memperbolehkan KPM untuk membelanjakan beras dan telur.

Akan tapi, kami akan mengubahnya. Ini agar flek si – bilitas dari KPM BPNT. Akan kami tambah dua item. Jadi bu – kan hanya beras dan telur, tapi ibu-ibu bisa membelanjakan gula dan minyak goreng,” ucap nya.

Lebih lanjut dia menyebut sampai 8 Februari 2019 rea li – sasi tahap pertama bantuan so – sial (bansos) Program Keluarga Ha rapan (PKH) sudah men ca – pai 96% secara nasional. Dia pun me nargetkan tahun ini jum lah KPM PKH yang lulus se – besar 8%.

“Selain itu, Ke men – terian So sial me lakukan upaya terus-me ne rus agar keman dirian dan kese jahteraan dapat segera ter ba ngun di kalangan KPM PKH. Ta hun 2018 ada 621.000 KPM PKH yang graduasi. Kami tar getkan di 2019 ini 800.000 KPM akan gra duasi atau sekitar 8%,” sebutnya.

Padakesempatanitu, Pre si den Joko Widodo (Jokowi) juga sem – pat menyerahkan bansos PKH ke pada warga Depok. Dia me – nga takan, jika program ini ber ja – lan baik, maka akan di te ruskan. “Kepuasan misalnya BPNT sa – ngat tinggi bisa kita tam bahkan lagi.

Karena tahun yang lalu di – anggarkan Rp19 tri liun untuk seluruh Indonesia, ta hun ini Rp34 triliun. Untuk siapa? Un – tuk ibu-ibu semua. Ini agar anakanak memiliki gizi yang baik dan bisa sekolah,” katanya. Jokowi juga mengingatkan bahwa penggunaan bansos PKH ataupun BPNT harus di la – kukan secara tepat sasaran.

Dia mengatakan, pemerintah akan melakukan survei terkait penggunaannya. “Nanti kita survei, penggunaan harus tepat sasaran. Baru kita bicara kalau perlu naik lagi,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s