Zona Berita

Video Jebakan Hutang Tiongkok Viral, Pemerintah Pastikan Indonesia Aman

ZONADAMAI.COM – Video vlogger ternama asal Israel berdarah Arab Palestina, Nas Daily di Facebook yang mengatakan waspada terhadap jebakan utang dari Tiongkok ditanggapi pemerintah.

Pasalnya, video itu menjadi viral, terutama video dengan teks terjemahan bahasa Indonesia-nya.

Dalam video itu, Nas mengatakan bahwa dirinya sudah mengunjungi beberapa negara yang berutang besar ke Tiongkok dan tidak bisa membayar.

Negara-negara itu pun, kata Nas, terpaksa menggadaikan aset negara kepada China.

Hal itu ditemukannya setelah 3 tahun berkeliling dunia. Nas memberi contoh negara Sri Lanka, Papua Nugini, Maladewa, Pakistan, dan Malaysia.

Lantaran video tersebut viral di kalangan masyarakat Indonesia, Kementerian Keuangan melalui akun Facebook mereka, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko memberi sanggahan, Senin (11/3/2019).

Menurut Kemenkeu, Pemerintah RI memang berutang ke Tiongkok namun jumlahnya sangat sedikit.

Yakni Rp 22 triliun, atau hanya 0,50 persen dari total utang pemerintah.

Kemudian, Kemenkeu juga menjelaskan bahwa total utang pemerintah Indonesia ke Pemerintah Tiongkok hanya 9 persen dari total utang luar negeri.

Berikut penjelasan lengkap DJPPR Kemenkeu di Facebook mereka:

Sehubungan dengan beredarnya video yang berjudul Chinese Money Trap yang diviralkan akun Facebook Nas Daily, 1 Maret 2019, yang bercerita tentang Tiongkok yang memberi pinjaman ke beberapa negara (Indonesia tidak termasuk) dalam jumlah besar agar mereka dapat membangun negaranya dengan maksud di kemudian hari Tiongkok dapat menguasai aset di negara tersebut jika gagal membayar (Chinese Money Trap), apakah kondisi yang terskenariokan menurut cerita tersebut relevan dengan Indonesia?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami dulu struktur utang Pemerintah Indonesia dan dari mana sumber-sumber pinjaman Pemerintah Indonesia. Mari kita lihat faktanya bersama

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s