Zona Berita

Survey Roy Morgan: Jokowi Menang Telak Di Desa, Namun Meng Tipis Di Kota

ZONADAMAI.COM – Roy Morgan, perusahaan riset pasar di Australia, mengungkapkan bahwa peluang Jokowi untuk melaju dan kembali memimpin Indonesia cukup terbuka.

Lembaga riset yang berkantor pusat di Australia serta memiliki kantor di Indonesia, Amerika Serikat dan Inggris ini menyebutkan bahwa Jokowi memiliki dukungan besar di kalangan pedesaan, sementara pesaingnya yakni Prabowo Subianto memiliki popularitas di kalangan mayarakat kota.

Dalam siaran pers, dengan seri Temuan bernomor 7907, tanggal 1 Maret 2019 di laman roymorgan.com disebutkan bahwa Jokowi diperkirakan akan menjani pemilihan presiden dengan lebih leluasa.

“Jokowi mendapat dukungan dari 58% pemilih Indonesia pada bulan Januari, naik 5% dari Pemilu Presiden Indonesia 2014, dan jauh di depan lawannya Prabowo Subianto pada 42%, turun 5%.”

Demikian hasil jajak pendapat terbaru Roy Morgan Pilpres di Indonesia. Jajak pendapat dilakukan pada Januari 2019 dengan 1.039 pemilih Indonesia berusia 17 ke atas.

Dukungan kuat untuk Jokowi dianggap menjadi faktor besarnya dukungan terhadap PDI-P.

“ PDI-P mendapat dukungan dari 40,5% orang Indonesia untuk pemilihan legislatif Indonesia pada bulan April, naik signifikan dari Pemilu Indonesia 2014, dan jauh di depan partai Prabowo, Gerindra dengan 25%. Sisa 34,5% dukungan tersebar di antara banyak partai yang ikut pemilihan,” lanjut keterangan Roy Morgan.

Disebutkan bahwa Jokowi memiliki dukungan pedesaan yang kuat sementara Prabowo kompetitif di daerah perkotaan

“Berdasarkan lokasi, Jokowi memimpin di sebagian besar wilayah Indonesia dan memimpin dengan kuat di pedesaan Indonesia. Di daerah pedesaan, preferensi jelas mendukung Jokowi (63,5%).”

Sementara itu persaingan di wilayah perkotaan jauh lebih kompetitif. Prabowo disebut memiliki dukungan yang kuat di ibu kota Jakarta dan sekitarnya, di Jawa Barat termasuk Banten dan provinsi selatan Sumatera.

Namun, demikian Roy Morgan menuliskan bahwa  bahkan di daerah perkotaan Indonesia ada keuntungan sempit untuk Presiden Jokowi (53%) berbanding dengan pangsa Prabowo (47%).

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s