Zona Berita

Tiga Kartu jokowi Buktikan Perlindungan Sosial Untuk Rakyat

ZONADAMAI.COM – Staf Khusus Presiden Bidang Perekonomian, Ahmad Erani Yustika mengatakan sejak awal pemerintahan, Presiden telah berkomitmen untuk menyediakan perlindungan sosial yang menyejahterakan rakyat.

Komitmen ini dibuktikan dengan peningkatan anggaran untuk perlindungan sosial hingga mencapai 35 persen. Disamping itu, pemerintah juga melakukan pemotongan anggaran subsidi energi di awal pemerintahan hingga lebih dari 50 persen.

“Kebijakan tersebut telah berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga single digit menjadi 9,66 persen, menurunkan angka pengangguran terbuka menjadi 5,13 dan penurunan ketimpangan menjadi 0,38,” ujar Erani Yustika d Jakarta (2/3/2019).

Belajar dari keberhasilan kartu Indonesia Pintar (KIP) dan KIS di fase pertama pemerintahannya. Presiden Jokowi mengatakan lima tahun mendatang bakal mempersiapkan Kartu Indonesia Pintar bahkan mencapai  level Sarjana.

Karena itu, dengan tetap mengelola aggaran dengan sehat, adil, dan mandiri, presiden Jokowi akan memperluas cakupan pelayanan dengan tiga kartu sakti yang baru, yaitu: Kartu Sembako Murah, Kartu KIP Kuliah, dan Kartu Pra-Kerja.

Kartu Sembako Murah akan membantu keluarga Indonesia dengan meringankan biaya kebutuhan pokok.

“Kartu KIP Kuliah untuk membantu biaya pendidikan rakyat Indonesia hingga kuliah. Kartu Pra-Kerja untuk memfasilitasi penguatan kapasitas bagi pencari kerja, dan bagi yang sedang bekerja,” tambahnya.

Erani mengatakan bahwa perluasan cakupan ini adalah komitmen pemerintah mewujudkan perlindungan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, untuk menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.[]

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s