Zona Berita

Alasan Jokowi-Ma’ruf unggul Di Survey Roy Morgan Karena Capaian Ekonomi

ZONADAMAI.COM – Lembaga riset asal Australia, Roy Morgan memprediksi pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin bakal memenangkan kontestasi pemilihan presiden 2019 mendatang. Kepemimpinan Jokowi dinilai berhasil menggerakkan roda perekonomian nasional.

Dalam temuan survei Roy Morgan, paslon yang diusung oleh sembilan partai politik itu diprediksi unggul dengan perolehan 58 persen suara. Sedangkan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 42 persen suara.

Artinya, perolehan suara Jokowi cenderung mengalami peningkatan sebesar 5 persen dari pilpres 2014 lalu. Kala itu, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) menang dengan angka 53 persen. Sementara, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa mendulang suara 47 persen.

“Survei Roy Morgan hari ini menunjukkan bahwa rakyat Indonesia akan memilih kembali Presiden Joko Widodo untuk masa jabatan lima tahun lagi sebagai Presiden,” kata Michele Levine, Chief Executive Officer Roy Morgan saat merilis hasil siginya dari website http://www.roymorgan.com, Minggu (3/3).

Dalam rilis resminya, Roy Morgan menilai bahwa dukungan besar dari koalisi parpol pendukung juga menentukan. Mereka mencatat, kekuatan koalisi Jokowi yang dipimpin oleh PDI Perjuangan memegang suara sebesar 52,5 persen.

Sementara koalisi Prabowo, hanya memperoleh 40,5 persen suara. Sisanya, berasal dari parpol-parpol lainnya yang belum masuk parlemen.

Di sisi lain, dukungan besar terhadap paslon nomor urut 01 itu tak terlepas dari capaian mantan Wali Kota Surakarta itu membangkitkan ekonomi Indonesia. Katanya, Jokowi telah berhasil membuat ekonomi Indonesia masuk terbaik kedua dengan masuk G20.

“Dukungan kuat untuk Jokowi tidak mengejutkan ketika orang menganggap Indonesia telah menjadi ekonomi G20 terbaik kedua (di belakang China) selama bertahun-tahun. Sekarang, rata-rata pertumbuhan sekitar 5% selama masa jabatan pertama,” pungkasnya.

Diketahui, Survei Roy Morgan dilakukan pada Januari 2019 di seluruh Indonesia. Jumlah responden yang terlibat dalam survei ini 1.039 jiwa. Mereka merupakan pemilih yang berusia di atas 17 tahun.

Metode survei wawancara tatap muka yang dilakukan di 17 provinsi. Roy Morgan juga memastikan sampel yang diambil seimbang untuk mewakili pemilih, baik secara geografis maupun demografis. Belum diketahui pula Margin Of Error (MoE) dari survei yang dirilis Roy Morgan.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s