Zona Berita

Kemendag Promosikan Produk Indonesia Untuk Tingkatkan Ekspor

Zonadamai – Pada bulan Januari, ekspor RI mengalami defisit neraca perdagangan mencapai US$1,16 miliar. Untuk mengatasi defisit tersebut, Pemerintah terus berupaya meningkatkan ekspor Indonesia salah satunya dengan gencar promosi, utamanya ke negara-negara non tradisional, Jumat (01/03)

Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan (Kemdag) Ari Satria mengakui, Indonesia masih menghadapi sejumlah hambatan untuk meningkatkan ekspor.

Hambatan-hambatan ekspor tersebut antara lain hambatan terhadap produk yang diekspor, ekspor Indonesia dalam 50 tahun terakhir yang masih ditopang oleh komoditas. Sementara, negara lain banyak yang sudah mengekspor produk manufaktur. Hambatan lainnya adalah dalam hal pemasaran. Pendekatan pemasaran produk dianggap masih belum banyak perubahan.

“Pemasaran produk kita masih belum banyak berubah dari sebelumnya,” ujar Ari, Kamis (28/2).

Tak hanya itu, Indonesia juga masih kurang dalam menjangkau pasar-pasar tradisional dan kurang pengenalan dalam pendalaman produk unggulan, ditambahkan marke analysis dan intelligence dibuat secara minimal.

Untuk mengatasi ini, Ari mengaku Kemdag tengah gencar melakukan promosi ke negara-negara non tradisional seperti Arfrika, Amerika Latin, Asia Selatan, Eropa Timur dan lainnya.

Ari menambahkan, Indonesia memang berhasil menaikkan peringkat kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EODB) yang naik dari 120 di 2014 menjadi peringkat ke 72 di 2018.

Saat ini Kementerian Perdagangan terus melakukan upaya promosi penjualan produk-produk Indonesia ke negara-negara lain dengan cara menawarkan dan menunjukkan citra baik kualitas produk Indonesia.

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s