Zona Berita

Saat pidato Jokowi Tunjukkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah

ZONADAMAI.COM, Calon presiden 01 Joko Widodo (Jokowi) membuat ribuan pendukungnya bergemuruh di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2).

Jokowi membuat riuh 30 ribuan pendukung yang hadir di Auditorium SICC saat acara Konvensi Rakyat.

Mantan Wali Kota Solo itu, menyampaikan program yang akan dicanangkan jika dirinya terpilih pada periode 2019-2024. Di Sentul, ia menyampaikan Pidato Kebangsaan Jokowi .

Joko Widodo yang mengenakan kemeja putih lengan panjang ini, mengatakan, satu di antara program yang akan dijalankan adalah Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

“Kartu Indonesia Pintar yang sekarang sampai di SMA akan kita jadikan KIP Kuliah,” ucap Jokowi disambut riuh para pendukung. Jokowi pun menunjukkan contoh Kartu Indonesia Pintar Kuliah di atas panggung.

Ribuan pendukung pasangan calon presiden 01 Jokowi-Ma’ruf Amin pun berteriak, “Jokowi! Jokowi!” seru mereka selama 3 menit. “Artinya, Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini akan dapat membantu biaya pendidikan.

Membantu biaya pendidikan mulai dari anak usia dini hingga sampai kuliah dengan kartu ini,” ucap Jokowi kembali disambut gemuruh para pendukung.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga bercerita pengalaman hidupnya dari masa kecil hingga menjadi Presiden.

“Saya lahir dan tumbuh dari keluarga sangar sederhana, bapak saya pernah jualan bambu dan kayu di sebuah pasar di Solo, dari kecil saya sudah bagian dari pasar rakyat,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, meski kehidupan dulunya sulit, tetapi orang tua saat itu tidak pernah menyerah dalam mencari uang dalam membiayai anaknya sekolah hingga ke tingkat universitas.

Ia pun berjanji akan terus menjaga program Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya rakyat kurang mampu

Hal tersebut dilakukan Jokowi, mengingat kehidupannya sewaktu kecil dalam keadaan sulit dan orang tuanya selalu dihantui pikiran tidak bisa berobat ketika salah satu anggota keluarnya sakit.

“Saya bertekad rakyat Indonesia harus bebas dari ketakutan itu,” ujar Jokowi.

Capres petahana itu memaparkan, selama dirinya menjabat presiden dalam 4,5 tahun telah membuat program KIS dan akan terus dilanjutkan pada masa yang akan datang.

“92,4 juta jiwa telah memegang KIS, sehingga mereka dijamin kesehatannya dan tidak jatuh miskin jika anggota keluarganya jatuh sakit,” papar Jokowi.

Selain menjamin kesehatan masyarakat, kata Jokowi, pemerintahannya juga telah menjalankan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anak-anak Indonesia dapat bersekolah, tanpa terhalang kondisi ekonomi keluarga.

“18,7 juta siswa telah mendapatkan KIP untuk bersekolah, membeli buku dan lain-lainnya. Hampir 1 juta mahasiswa dari keluarga miskin mendapatkan beasiswa Bidikmisi dan Program Pengembangan Akademik,” ujar Jokowi

 

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s