Zona Berita

Jokowi Kenalkan 3 Kartu Ini, TKN: Pengembangan SDM yang Unggul

ZONADAMAI.COM, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menyebut arah program pembanguan pasangan calon presiden (capres) dan cawapres nomor urut 01 berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) jika memenangkan Pilpres 2019. Paslon Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin akan mengedepankan SDM yang unggul dan berdaya saing.

“Dalam pemaparan programnya di SICC, Sentul, terlihat secara jelas arah kebijakannya Pak Jokowi yang memfokuskan pada pengembangan sumber daya manusia,” kata Ace Hasan dalam pesan singkatnya, Senin (25/2/2019).

Dia berpendapat, majunya SDM yang unggul dengan didukung infrastruktur yang sudah baik, Indonesia bukan tidak mungkin akan melesat menjadi negara maju. Menurut dia, Jokowi-Ma’ruf memperkenalkan istilah SDM premium yang berarti SDM memiliki keunggulan yang dihasilkan dari Perguruan Tinggi berkualitas. Artinya, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf pada lima tahun ke depan akan meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

“Dengan pondasi pembangunan infrastruktur pada periode pertama, maka pada periode kedua pemerintahan Jokowi akan mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, memiliki keterampilan, dan berdaya saing untuk membawa Indonesia menjadi negara maju,” ujar dia.

Ace Hasan juga menyampaikan secara rinci program kartu yang dikenalkan Jokowi pada acara konvensi rakyat di SICC, Sentul, Minggu (24/2/2019). Ketiga kartu tersebut adalah Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Kartu Pra-Kerja.

Dia mengatakan, Kartu Sembako merupakan program yang diperuntukan bagi rakyat berpenghasilan rendah agar memilki keterjangkauan dalam membeli sembako dengan harga murah.

“Kebutuhan dasar rakyat harus betul-betul dipenuhi oleh pemerintah. Selain itu, pemerintahan Jokowi akan melanjutkan program PKH dan Bantuan Pangan non-tunai,” ucap dia.

Selanjutnya, program KIP Kuliah yang merupakan kelanjutan Program Kartu Indonesia Pintar. Pada periode kedua, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf akan menambahkan pemberian bantuan pembiayaan untuk masyarakat yang melanjutkan ke bangku kuliah. Program ini merupakan terobosan baru agar rakyat Indonesia dapat menyelesaikan pendidikan tinggi tanpa harus dibebani dengan biaya kuliah.

“Tidak ada halangan bagi anak bangsa yang cerdas dan memiliki potensi untuk maju terus dengan menyelesaikan kuliahnya hingga S1. Kebijakan ini jelas mendorong agar sumber daya manusia Indonesia betul-betul unggul dan berdaya saing,” ujar Ace Hasan.

Ace Hasan menuturkan, pada periode kedua, Jokowi akan meningkatkan dana abadi pendidikan dan penelitian. Saat ini, pemerintah memiliki Rp66,1 triliun untuk dana abadi pendidikan dan akan ditingkatkan hingga Rp100 triliun dalam lima tahun.

“Kita telah memulai dengan Rp1 triliun dana penelitian abadi. Ke depan ini akan kita tingkatkan hingga mencapai Rp50 triliun dana abadi penelitian. Pak Jokowi juga membentuk dana abadi untuk mendukung perguruan tinggi terbaik di Indonesia masuk dalam peringkat terbaik dunia. Di tahun 2020, kita mulai dengan alokasi Rp10 triliun,” kata Ace Hasan.

Ketiga, Jokowi juga mengenalkan Kartu Pra-Kerja yang merupakan program untuk memastikan agar masyarakat yang belum memiliki kemampuan skill dan keterampilan di dunia kerja akan dilatih dan dibina melalui 3.000 Balai Latihan Kerja yang tersebar di Indonesia.

“Dengan ketiga program kartu ini, kami optimistis Indonesia akan semakin maju dengan sumber daya manusia yang berkarakter, cerdas, memiliki kompetensi, skill, dan berdaya saing di tingkat global. Ini merupakan tawaran program yang lebih solutif dan jelas yang akan dilaksanakan pemerintahan Jokowi dalam lima tahun ke depan,” kata Ace Hasan.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s