Zona Berita

IPI: Munajat 212 Kental dengan Nuansa Politis

ZONADAMAI.COM, Direktur Eksekutif Indonesia Public Institut (IPI) Karyono Wibowo menilai kalau kegiatan Malam Munajat 212 erat dengan unsur politik di dalamnya.

“Meskipun dibungkus dengan kegiatan munajat doa tapi tetap saja kegiatan itu tidak luput, tidak bisa dipisahkan dari kepentingan politik. Jadi muatan politiknya juga sangat kental di acara kemarin itu,” ujar Karyono di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pada Sabtu (23/2/2019).

Ia menilai, muatan politik ini dapat dilihat dari tamu yang diundang dalam kegiatan Munajat 212. Mulai dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Ketua PKS Sohibul Iman, Neno Warisman dan Titiek Soeharto. Sementara dari pihak kubu 01 tidak ada yang menghadiri kegiatan Munajat 212 itu.

“Misalnya yang diundang kan temen-temennya blok sana, yang blok sini tidak diundang misalnya. Dari organisasi NU juga tidak diundang, Muhammadiyah juga tidak diundang. Saya kira kegiatan 212 kemarin itu jelas sekali bermuatan politis,” jelasnya.

Ia menyayangkan kepada sejumlah pihak yang menyatakan kalau kegiatan ini murni agama. Sebab menurutnya, kegiatan tersebut memiliki unsur politik terselubung.

Meski begitu, ia menilai kalau kekuatan dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 sudah mulai berkurang. Sebab, kini kesadaran masyarakat sudah lebih meningkat perihal melihat kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh PA 212 ini tidak hanya murni secara agama saja. Tak hanya itu saja, kata Karyono, internal PA 212 pun mulai terpecah belah.

“Banyak kan yang pecah, mereka tidak bersepakat. Kenapa? Alasannya karena tidak ingin kegiatan keagamanan itu untuk kepentingan politik. Ini alasan orang-orang yang keluar dari alumni 212. Alasan ini mengafirmasi bahwa gerakan 212, 411 dan lain-lain itu jelas sebuah aksi yang menggunakan kedok agama untuk tujuan politik,” terangnya.

“Tapi menurut pengamatan saya semakin ke sini semakin menurun (kekuatan PA 212), makin melemah gitu ya. Seiring mungkin dengan kesadaran masyarakat yang terus meningkat tentang gerakan 212 yang dilakukan oleh mereka,” pungkas Karyono.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s