Zona Berita

Sri Mulyani, Bansos Naik Untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi

ZONADAMAI.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani membantah bahwa kenaikan dana bantuan sosial atau Bansos yang naik dua kali lipat karena terkait dengan pemilihan umum (Pemilu) pada April 2019. Menurut dia, kenaikan jumlah dana tersebut karena memang sejak 2012 dana tersebut belum pernah naik.

“Naikkan dua kali lipat ada yang bilang itu menjelang Pemilu, padahal sejak 2012 itu belum ada adjustment terhadap inflasi, sehingga kemampuan penerimaan mereka menurun sebetulnya,” kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2019, Hotel Ritz Charlton, Jakarta Selatan, Selasa 8 Januari 2019.

Total anggaran Kementerian Sosial pada 2019 mencapai angka Rp 58,9 triliun. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan pada 2018 yang hanya mencapai angka Rp 43,2 triliun. Jika dihitung-hitung total dana Bansos menjadi penyerap terbesar dari total anggaran Kementerian Sosial. Dari total anggaran dana Kementerian 2019 tersebut sebanyak 92,18 persen diserap untuk Bansos.

Program Bansos yang terbesar adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan untuk pangan. Adapun program inilah yang disebut-sebut naik dua kali lipat. Pemerinah beralasan naiknya dana bantuan karena berubahnya indeks bantuan PKH sebesar 100 persen khususnya untuk kondisional pendidikan dan kesehatan. Misalnya untuk kesehatan naik dari Rp 1,2 juta menjadi Rp 2,4 juta. Adapula, bantuan pendidikan SD naik menjadi Rp 900.000 dari sebelumnya Rp 450.000 per siswa.

Sri Mulyani menjelaskan, bantuan dana Bansos ini menjadi perhatian pemerintah khususnya sebagai salah satu fokus pemerintah sebagai bagian dari kebijakan pembangunan manusia. Hal ini salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia sebagai bagian dari salah satu fokus kebijakan pemerintah pada 2019.

Dana bantuan ini, kata Sri Mulyani, menjadi penting karena untuk meningkatkan daya saing ekonomi dibutuhkan kemampuan masyarakat untuk mengakses pendidikan. Selain itu juga tentu membutuhkan sumber daya manusian yang sehat. “Inilah fokus policy kebijakan kita,” kata Sri Mulyani.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s