Zona Berita

SKKL Palapa Ring Mendukung Perkembangan Unicorn Di Indonesia

ZONADAMAI.COM, Calon Presiden (Capres) No 01 Joko Widodo dalam debat pemilihan Presiden (Pilpres) putaran kedua pada Minggu (17/2) terlihat semangat memamerkan keberhasilannya menuntaskan mega proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring.

“Kami telah bangun yang namanya Palapa Ring. ini adalah tersambungnya backbone broadband dengan kecepatan tinggi. Di Indonesia bagian Barat telah 100% diselesaikan. Di Indonesia bagian tengah 100 persen kita selesaikan. Indonesia bagian timur telah selesai 90% dan akan kita selesaikan pada tahun ini. inilah sekali lagi pentingnya infrastruktur selain pembangunan sumberdaya manusia yang ke depan ini juga secara besar-besaran kita lakukan,” kata Jokowi kala debat berlangsung.

Jokowi pun menyakini kehadiran SKKL tersebut akan mendukung perkembangan Unicorn-unicorn di Indonesia serta menopang Revolusi Industri 4.0.

Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan paparan kandidatnya tentang Palapa Ring membuktikan Jokowi tak hanya peduli dengan hard infrastructure, tetapi juga soft infrastructure.

“Palapa Ring itu “tol langit”, ini akan memperkuat Tol Laut dan Tol Darat yang beliau bangun. Ini bukti beliau memiliki visi membangun Indonesia secara total dan optimistis di era digital ini,” katanya.

Menurutnya, keberanian Jokowi menuntaskan proyek Palapa Ring harus diapresiasi karena infrastruktur itu maju-mundur pembangunannya. “Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) itu inovasi pembiayaan dari Pak Jokowi. Konsep KBPU ini yang bikin swasta mau masuk bangun Palapa Ring. Lihat dengan konsep sebelumnya yang pakai konsorsium, bubar jalan kan,” katanya

Dalam catatan, Palapa Ring versi Kabinet Kerja terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

Proyek ini memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi dan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP) dari Menkeu. Komponen yang dibiayai AP adalah biaya modal, biaya operasional, dan keuntungan wajar yang diinginkan badan usaha.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s