Zona Berita

Jangan Sebar Hoaks Pelanggaran HAM Ke Internasional

ZONADAMAI.COM, Setelah menerima laporan dugaan pelanggaran HAM di Papua dari delegasi Amnesti Indonesia di ruang kerjanya, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta laporan dugaan pelanggaran HAM di Papua ditulis berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan.

“Kita tidak ingin ada hoaks atau penyebaran informasi palsu berbau fitnah ke dunia internasional bahwa di Papua seolah-olah terjadi pembantaian atau genosida. Nanti kita lihat laporannya seperti apa. Mungkin ada case. Yang jelas itu masuk unlawful killing. Tapi unlawful killing ini masuk kategori politik atau tidak,” ungkap Politisi Partai Gerindra tersebut.

Menurut Fadli, laporan Amnesti Internasional Indonesia menyangkut pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di Indonesia akan menjadi bahan kajian DPR. DPR sendiri sebetulnya sudah memiliki Tim Pengawas Otonomi Khusus Aceh, Papua, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Rencananya laporan itu akan diluncurkan tanggal 21 Juni. Tentu bagi DPR ini jadi bahan kajian,” ujar Fadli.

Sebegai Ketua Tim Pemantau Otsus Papua, Aceh, dan Yogyakarta, pihaknya selalu melakukan kunjungan dan diskusi terkait pelaksanaan UU Otsus maupun berbagai kejadian di Papua. Ia berharap, kasus pembunuhan yang terjadi di Papua dalam konteks Pilkada tidak masuk kategori pelanggaran HAM.

“Informasi ini perlu dijaga agar dunia internasional tidak menerima informasi hoaks atau fitnah menyangkut kasus-kasus di Papua,” katanya.

Fadli ingin mengajak semua pihak termasuk Amnesti Internasional Indonesia untuk berdialog dan berdiskusi berdasarkan actual event atau peristiwa yang terjadi sesungguhnya.

“Kelak hasil dialog ini bisa menjadi bahan bagi DPR dalam melakukan tugas pengawasan,” tegasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s