Zona Berita

Pemabatalan Sosialisasi Visi – Misi Disetujui Kedua Belah Pihak

ZONADAMAI.COM, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir, menyebut pembatalan sosialisasi visi-misi pasangan capres dan cawapres juga disetujui kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal itu disampaikan Erick menanggapi pembatalan sosialisasi visi-misi sebelum debat pertama Pilpres 2019.

“Bahwa kemudian KPU memutuskan tidak memfasilitasi debat itu merupakan kesepakatan TKN dan BPN (Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga) sebelum rapat resmi dibuka. Jadi pada saat rapat dimulai, tinggal memutuskan,” kata Erick melalui keterangan tertulis, Minggu (6/1/2019).

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112’); });

Ia pun meminta penyampaian visi-misi pasangan capres dan cawapres harus berlandaskan Undang-undang No. 17 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Erick menyatakan semua pihak harus berhati-hati dengan agenda penyampaian visi- misi sebab sudah diatur dalam Undang-undang Pemilu.

“Pasangan calon punya kesempatan menyampaikan visi misi di debat. Terdapat sesi penyampaian visi-misi oleh paslon (pasangan calon) di setiap debat dengan 12 menit dalam lima kali debat,” lanjut Erick.

Rencana sosialisasi visi dan misi pasangan calon presiden dan wakil presiden tidak akan difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Keputusan tersebut diambil berdasar kesepakatan antara KPU dan tim kampanye pasangan calon melalui rapat bersama yang digelar pada Jumat (4/1/2019) malam.

Sosialisasi tetap akan dilakukan, tetapi oleh masing-masing tim kampanye.

“Sosialisasi visi-misi tadi malam juga sudah diputuskan, silakan dilaksanakan sendiri-sendiri tempat dan waktu yang mereka tentukan sendiri. Jadi, tidak lagi difasilitasi oleh KPU,” kata Ketua KPU Arief Budiman saat ditemui di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Tim kampanye juga dibebaskan dalam hal jumlah pelaksanaan sosialisasi visi misi pasangan capres-cawapresnya.

Keputusan ini diambil karena KPU kesulitan jika harus memfasilitasi keinginan kedua tim kampanye yang berbeda-beda.

Arief mengatakan, dalam beberapa kali rapat, pembahasan mengenai rencana sosialisasi visi misi capres-cawapres tidak juga menemui titik terang.

Ada hal-hal yang tak berujung pada kesepakatan antara kedua tim kampanye, baik waktu penyelenggaraan maupun pihak yang akan menyampaikan sosialisasi.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s