Zona Berita

Bersama Polisi, Banwaslu Usut Spanduk “JKWBersamaPKI”

ZONADAMAI.COM, Beberapa waktu lalu spanduk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memuat tagar ‘JKWBersamaPKI’ terpajang di kawasan Jakarta Pusat. Mabes Polri memastikan akan menyelidiki setiap bentuk kampanye hitam di masa kampanye Pemilu 2019.

“Karena spanduk tersebut masuk dalam masa kampanye berupa black campaign maka Bawaslu akan menindaklanjuti tentunya bersama Polri melaksanakan penyelidikan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo dalam pesan singkat kepada detikcom, Sabtu (8/12/2018).

Apabila hasil penyelidikan pemasangan spanduk SARA atau kampanye hitam tersebut dilakukan oleh juru kampanye atau timses salah satu calon, maka akan langsung ditangani Bawaslu.

“Apabila bukan maka Polri langsung ambil alih proses sidiknya,” katanya.

Sebelumnya, spanduk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memuat tagar ‘JKWBersamaPKI’ terpajang di kawasan Jakarta Pusat tersebut lalu dan dicopot warga, setelah Bawaslu menjelaskan potensi pelanggaran kampanye.

Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo sudah mendapatkan laporan terkait peritiwa itu. Ratna menyebut peran masyarakat dibutuhkan untuk mengantisipasi peristiwa serupa.

“Kasus yang di Tanah Abang itu sampai saat ini belum ditemukan siapa yang memasang. Nah tentu kita butuh bantuan masyarakat untuk bisa menjadi bagian penting memastikan bahwa setiap orang itu tidak boleh melakukan upaya-upaya untuk menyebarluaskan isu SARA, upaya-upaya melakukan poltisasi SARA, ujaran kebencian,” kata Ratna saat dihubungi detikcom, Jumat (7/12).

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s