Zona Editorial

Refleksi Akhir Tahun Capaian APBN, Sri Mulyani: Prestasi!

Dalam refleksi akhir tahun Kementerian Keuangan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa pengelolaan APBN dan Keuangan Negara sepanjang tahun 2018 tercapai dengan baik. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang perlu diapresiasi karena untuk pertama kali dalam 15 tahun, pemerintah tidak mengajukan perubahan UU APBN 2018.

 

“Penerimaan negara baik pajak, bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak tumbuh tinggi dan sehat,” ujarnya. Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang mengelola penerimaan negara.

 

Lebih lanjut, Sri juga mengungkapkan bahwa belanja negara di pusat maupun di daerah terealisir dengan baik.

 

“Pembiayaan mengalami kontraksi, dengan defisit APBN sebesar 1,72% dari PDB, jauh lebih rendah dari angka UU APBN 2018, sebesar 2,19%. Ini adalah defisit terkecil sejak 2012,” ungkapnya.

 

Sri Mulyani juga melakukan kilas balik kondisi keuangan negara di sepanjang tahun 2018 yang tidak sepenuhnya berjalan mulus. Persoalan terkait ekonomi global, harga komoditas, arus modal dan nilai tukar tinggi, suku bunga global dan dalam negeri yang mengalami kenaikan, perdagangan global yang masih lesu dan tidak menentu, ancaman kejahatan perpajakan, penyelundupan narkoba, dan perdagangan ilegal yang terus mengancam kondisi keuangan negara. Namun para pengelola keuangan negara berhasil mengatasi hal tersebut dan bahkan memberikan capaian yang baik dengan penerimaan negara.

 

Pada tahun 2019, tantangan dan ancaman yang perlu dihadapi pemerintah untuk menjaga stabilitas dan mendorong kemajuan kondisi keuangan negara akan terus berlanjut. Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan telah memperingatkan para pengelola keuangan negara untuk terus waspada dan bertanggung jawab.

 

Melalui prestasi ini, masyarakat dapat bersikap optimis terhadap perkembangan keuangan negara dan bersama-sama ikut berkontribusi dengan melakukan pengawasan, maupun memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga negara Indonesia seperti membayar pajak dengan patuh agar kedepannya keuangan negara Indonesia dapat bergerak semakin baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s