Zona Berita

Tes Baca Alquran di Pilpres 2019, Ma’ruf Amin: Siap Sekali

ZONADAMAI.COM, Ini respons Joko Widodo (Jokowi) soal tantangan tes baca Alquran di Pilpres 2019. Bagaimana dengan Prabowo? Ma’ruf Amin pun mengaku siap sekali.

Ya, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga, menyatakan pihaknya siap memenuhi tantangan tes baca Alquran dari Ikatan Dai Aceh di Pilpres 2019.

Respons Jokowi, dia dinyatakan siap menerima tantangan tes baca Alquran di Pilpres 2019. Lantas bagaimana dengan Prabowo?

“Kita dari pihak TKN, menyatakan Pak Jokowi sangat siap menerima tawaran yang diberikan kawan-kawan Ikatan Da’i Aceh,” kata Arya Sinulingga, Sabtu (29/12/2018) sore.

Arya mengatakan pihaknya bisa memahami alur pikir sehingga Ikatan Dai Aceh mengeluarkan tawaran itu.

Di provinsi itu, salah satu syarat untuk bisa menjadi pemimpinnya adalah bisa membaca Alquran dan mengaji.

“Kita yakin Pak Jokowi siap dan menyatakan kesiapannya untuk menerima ajakan dan undangan dari kawan-kawan Ikatan Dai Aceh. Intinya siap,” tegas Arya.

Kata Arya, kita harus menghargai karena ini adalah permintaan dari masyarakat Aceh. Mereka memang dikenal sangat menjunjung ajaran dan melandaskan semuanya dari agama Islam.

“Bahkan kalau kubu Prabowo meminta, misalnya, dibuat tertutup dan hanya didengarkan oleh para juri, itupun kita bersedia,” tandas Arya.

Sebelumnya, Dewan Ikatan Dai Aceh mengusulkan adanya tes baca Alquran bagi kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tantangan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak di Banda Aceh, Sabtu (29/12/2018).

“Untuk mengakhiri polemik Keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Alquran kepada kedua pasangan calon,” kata Tgk Marsyuddin.

Pihaknya berencana mengundang kedua pasangan calon untuk mengikuti uji mampu membaca Alquran. Tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada 15 Januari 2019.

Tes membaca Alquran tidak memengaruhi keputusan KPU. Namun sebagai langkah awal untuk mengakhiri politik identitas yang sudah telanjur terjadi.

Tgk Marsyuddin menyebut bahwa ormas lainnya di sejumlah daerah di Indonesia juga sudah lebih dulu mengusulkan uji membaca Alquran bagi capres dan cawapres.

Pemilu Presiden dan Wapres pada 17 April 2019 diikuti dua pasangan calon, yakni Pasangan Calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Pasangan Calon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Prabowo Jawab Santai Tantangan Baca Alquran

Sementara itu Prabowo Subianto pernah menanggapi tantangan tes membaca Al Quran pada kontestasi Pilpres 2014 lalu. Dia tak menampik heran dengan tantangan tersebut.

Prabowo tak bisa memperkirakan siapa yang kemampuannya membaca Al Quran lebih baik, di antara dirinya dan Jokowi.

Namun, satu hal yang dia yakini, bacaan Al Quran Kalla pasti lebih bagus daripada dirinya.

“Ya…, pasti Pak JK lebih baguslah, beliau kan Ketua Dewan Masjid,” ujar Prabowo di Jakarta, seperti dikutip dari Tribunnews pada Minggu (8/6/2014).

Meski demikian, Prabowo mengaku bingung mengapa dia sampai ditantang Kalla beradu kemampuan membaca Al Quran dengan Jokowi terkait pemilu presiden ini.

Prabowo merasa tak pernah mengaku-ngaku hebat membaca Al Quran.

“Kenapa, kenapa (saya ditantang membaca Al Quran)? Jelas lebih baik orang lain, saya kan tidak pernah mengatakan saya hebat (soal baca Al Quran),” katanya.

Ma’ruf Amin: Saya Siap Sekali

Calon wakil presiden 01 Ma’ruf Amin mengaku siap dengan tantangan Dewan Ikatan Dai Aceh untuk tes baca tulis Alquran.

Ma’ruf mengatakan sudah menjadi kebiasaannya membaca Alquran. Ia pun mengaku siap jika diundang oleh Dai Aceh untuk tes baca Alquran.

“Jadi kalau saya diundang untuk dites, ya saya siap sekali,” ujar Ma’ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/12/2018).

Ma’ruf enggan mengomentari soal urgensi tes baca Alquran. Namun, menurut Ma’ruf, aspirasi masyarakat terutama dari ulama Aceh tentunya harus didengar.

“Bukan soal perlu atau tidak perlu. Itu kan keinginan dari masyarakat sendiri,” ucap Ma’ruf.

Berdasarkan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), ucap Ma’ruf, menang tak ada aturan spesifik mengenai hal itu. Sehingga Ma’ruf memilih tak berpolemik dalam wacana perlu atau tidak perlu. Tapi, Ma’ruf dan Joko Widodo sebagai pasangan calon 01, siap-siap saja jika diminta.

“Kalau memang itu menjadi bagian dari yang harus kita hadiri, ya kita hadiri,” imbuh Ma’ruf.

Apresiasi Kubu Prabowo

Juru Bicara Prabowo-Sandi Andre Rosiade mengapresiasi usulan Dewan Ikatan Dai Aceh kepada Pasangan Capres-Cawapres untuk tes baca tulis Alquran.

Namun, menurutnya tes baca tulis Alquran harus dibahas terlebih dahulu sebelum kemudian diterapkan kepada pasangan Capres-Cawapres.

“Kita menyambut baik usulan itu. Namun, untuk itu harus dikoordinasikan, kalau memang rakyat menyetujui, bisa dimasukan dalam pemilu mendatang,” ujar Andre saat dihubungi Minggu (30/12/2018).

Andre mengatakan pihanya akan mengikuti bila ada tes membaca al-quran.

Hanya saja menurut Andre sekarang ini pihaknya lebih fokus membicarakan masalah ekonomi.

“Siap kita mengikuti itu, tapi yang dibutuhkan masyarakat bukan isu SARA lagi. Bagaimana pak Prabowo dan Sandi itu berbicara soal pertumbuhan ekonomi. Bagaimana kesenjangan si kaya dan si miskin berkurang, bagaimana harga terjangkau,”katanya.

Alasannya menurut Andre, masyarakat sekarang ini lebih membutuhkan perbaikan ekonomi.

Hal itu terbukti dengan postifnya masyarakat dalam menyambut program perubahan ekonomi yang diusung Prabowo-Sandi.

“Masalah ekonomi itu, berkorelasi dengan hasil survei yang terbukti kita sudah di atas 40 persen, karena isu ekonomi,” katanya.

Apalagi menurut Andre apabila ada tes baca tulis Al quran maka sudah pasti Ma’ruf Amien yang paling baik.

Alasannya Ma’ruf merupakan ulama besar.

“Kalau ngomongin siap dan tidak siap, ya siap, kita pasangan yang didukung ijtima ulama, tapi kan permasalahannya yang dibutuhkan masyarakat sekarang ini perbaikan ekonomi,” katanya.

Lokasi Tes Baca Alquran

Ikatan Dai Aceh mengundang dua Capres RI di Pilpres 2019 Joko Widodo dan Prabowo Subianto untuk lakukan uji baca Al Quran.

Salah satu alasannya karena dua Capres di Pilpres baik Presiden Jokowi maupun Prabowo Subianto sama sama beragama Islam dan penting bagi umat Islam untuk tahu kualitas calon presidennya.

“Tes baca Al Quran bagi seorang calon pemimpin yang beragama Islam sangat wajar dan sangat demokratis. Justru publik makin tahu kualitas calonnya,” ujar Ridlwan Habib peneliti radikalisme dan gerakan Islam di Jakarta.

Ridlwan menjelaskan, jika seorang beragama Non Muslim lalu dipaksa tes membaca Al Quran barulah bisa disebut melanggar Pancasila dan asas demokrasi. Namun baik Capres di Pilpres 2019 yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto sama sama muslim.

“Membaca Al Quran adalah ibadah harian yang sangat lazim dilakukan oleh jutaan muslimin setiap hari di Indonesia. Saya yakin pak Jokowi dan pak Prabowo tidak ada masalah dengan itu,” ujar Ridlwan.

Justru, tambahnya, kemampuan membaca Al Quran menambah trust atau rasa percaya dari masing masing voter atau kelompok pemilih. “Misalnya pak Prabowo kan diusung oleh ijtima ulama, tentu sangat wajar kalau ummat ingin tahu dan ingin mendengar bacaan Al Quran pak Prabowo,” katanya.

Lagipula, di Indonesia ada jutaan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) yang setiap hari mendidik anak anak untuk bisa membaca Al Quran. “Tes baca Al Quran akan sangat memotivasi anak anak itu untum bercita cita tinggi. Apalagi kalau disiarkan live di televisi, “kata Ridlwan.

“Kalau alasan kesibukan dan teknis itu gampang sekali. Ada ribuan masjid di Jakarta yang bisa dipakai misalnya Istiqlal atau masjid Sunda Kelapa,” kata Ridlwan.

Tes baca Al Quran juga akan mengakhiri perdebatan soal kualitas beragama masing masing calon .

“Ini justru peluang emas bagi masing masing kubi untuk mendapatkan simpati dari kelompok pemilih Islam, “kata Ridlwan.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s