Zona Berita

Penolakan Kepada Amien Rais Tak Lepas dari Perbedaan Pilihan Politik

ZONADAMAI.COM, Surat terbuka yang ditujukan kepada Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dari pendiri PAN yang meminta Amien mundur dari panggung politik tidak bisa dipisahkan dari adanya sikap yang berbeda beberapa pengurus PAN di daerah. Adapun daerah yang dimaksud ialah seperti Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sumatera Selatan (Sumsel) yang secara terang-terangan memberikan dukungan kepada pasangan capres Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Sikap beberapa kader partai dari daerah ini seolah mendapat legitimasi dari pendiri PAN. Sehingga jika daerah lainnya membuat pernyataan sikap yang sama diharapkan bisa dimaklumi,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago kepada wartawan, Jum’at (28/12/2018).

Situasi semacam ini, menurutnya, tentu merupakan posisi yang sangat tidak menguntungkan bagi partai berlambang matahari biru itu. Pangi mengatakan jika PAN harus membuat keputusan tegas untuk meminimalisir situasi ini.

“Karena jika dibiarkan, maka akan meluas seperti bola salju. Semakin lama makin membesar, menular ke daerah lainnya dan bahkan akan merambat ke pengurus pusat yang merasakan kegelisahan dan aspirasi yang sama,” tuturnya.

“Namun, surat terbuka dari pendiri PAN ini sepertinya tidak akan berdampak efektif terutama untuk menggoyang posisi Amien Rais. Sebab Amien Rais adalah sosok yang sangat powerfull di internal partai dan banyak memberi warna terhadap perjalanan panjang partai tersebut hingga hari ini,” imbuh Pangi.

Di sisi lain, Pangi berpendapat jika mereka yang memposisikan diri sebagai pendiri partai itu tidak memiliki pengaruh yang kuat di internal partai. Sehingga tidak bisa mempengaruhi pengambilan keputusan di internal partai tersebut. Dan membuat surat terbuka adalah pilihan terakhir yang bisa mereka lakukan.

“Oleh karena itu, kalau kita cermati lebih dalam, konflik internal PAN, adanya pengurus PAN yang ramai-ramai mungundurkan diri dengan alasan tidak cocok lagi dengan kepemimpinan PAN sekarang hanya sebagai pintu masuk. Yang jelas patut dicurigai ada misi untuk mengusik soliditas dukungan PAN terhadap capres-cawapres Prabowo-Sandi yang belakangan jika mesin PAN all out habis dan cukup efektif mendongkrak elektabilitas Prabowo-Sandi,” ujarnya.

“Lagi-lagi sangat disayangkan, waktu empat bulan yang tersisa menjelang pilpres dan pileg serentak. Mestinya PAN fokus menyiapkan strategi bagaimana PAN minimal bisa lolos parlementry threshold dan maksimal bisa menjadi partai besar, bagaimana PAN bisa mengantarkan Prabowo-Sandi jadi presiden dan wakil presiden,” tukas Pangi.

Melihat fenomena konflik internal yang makin bising, tambahnya, jelas menganggu konsentrasi pengurus sekarang dan disadari atau tidak ada operasi tim lawan. Gendang perang konflik ditabuh dan dimainkan lawan politik, mengusik konsentrasi PAN dengan memantik api konflik di internal. “Ini bisa membahayakan masa depan PAN kalau tidak segera dipadamkan apinya,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s