Zona Berita

Membeli Saham Freeport 51%, Bukti Kuat joko Widodo Bukan Antek Asing

ZONADAMAI.COM, Presiden Joko Widodo mengaku heran, hingga saat ini masih saja banyak kalangan yang memiliki persepsi negatif atas pencapaian kesepakatan awal divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

Menurut Jokowi, hal itu merupakan pencapaian besar. Mengingat selama lebih dari 40 tahun Freeport beroperasi di Indonesia, saham pemerintah di sana tidak pernah lebih dari 9,3 persen.

“Sudah tanda tangan yang namanya HoA (head of agreement), kesepakatan. Kok malah suaranya kok, jelek semua? Saya enggak ngerti gimana kita ini semuanya,” ujar Jokowi di hadapan para ulama dalam Pembukaan Pendidikan Kader Ulama MUI di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu 8 Agustus 2018.

Jokowi mengingatkan bahwa banyak kalangan abai meski Indonesia selama puluhan tahun tidak banyak memiliki andil di Freeport. Hal itu yang sedang diperbaiki pemerintah saat ini.

“40 tahun (andil saham Indonesia di Freeport) sembilan persen, pada diam,” ujar Jokowi.

Jokowi lantas menyampaikan bahwa upaya pemerintahannya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam menegosiasi divestasi begitu alot. Freeport juga sempat menawarkan besaran divestasi yang lebih kecil, namun hal itu ditolak.

“Jangan dipikir negosiasi seperti itu mudah. Sangat alot sekali. Untuk minta itu saya sampaikan, jangan mundur, minta mayoritas, 51 persen. Dinego 30 persen, ndak,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menegaskan, langkah pemerintah ini juga merupakan bukti dia bukan seorang ‘antek asing’, seperti banyak mengemuka menjelang Pilpres 2019. Dia pun membanggakan pencapaian lain pemerintahannya seperti pengambilalihan blok migas Rokan dan Mahakam yang sebelumnya dikelola asing, menjadi sepenuhnya dikelola Pertamina.

“Antek aseng, antek asing, ‘Jokowi itu antek asing.’ Ini mumpung pas ketemu saya jawab sekalian. Ini baru pertama saya jawab seperti itu. Mumpung banyak ulama dan kader-kader ulama. Antek asing. Bagaimana saya antek asing?” ujar Jokowi. (ase)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s