Zona Editorial

Kemajuan Proyek Strategis Nasional

Sebagaimana diketahui, pemerintahan Presiden Joko Widodo berusaha menggenjot pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Itu dikerjakan agar konektivitas dan produktivitas dan daya saing negara, menjadi lebih baik. Juga menunjang pemerataan pembangunan.

Untuk mempercepat itu, sejak tahun 2016 lalu Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sejauh ini, kemajuan dari proyek-proyek tersebut sangat menjanjikan. Semuanya dikerjakan dengan baik. Perlu diketahui, saat ini ada sebanyak 223 proyek dan tiga program pemerintah yang masuk dalam daftar PSN.

Mengutip data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) selama kuartal III, pemerintah telah menyelesaikan sebanyak dua proyek strategis. Dua proyek tersebut ialah Kereta Api Prabumulih-Kertapati dan Bendungan Raknamo, NTT.

Dengan begitu, bila dihitung sejak tahun 2016 lalu, maka secara total pemerintah telah menyelesaikan sebanyak 32 PSN.

PSN ini sejak awal perumusannya memang ditujukan agar masyarakat dapat lebih meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerahnya sehingga taraf hidup masyarakat lebih baik dengan memanfaatkan infrastruktur yang telah didirikan melalui PSN.

Oleh sebab itu, Pemerintahan Presiden Jokowi melalui KPPIP bertekad untuk terus mengawal dan mendorong percepatan pembangunan PSN di Indonesia bersama stakeholders lainnya agar capaian yang telah ditetapkan berhasil diraih dengan optimal.

Dengan demikian, bila ada tanggapan dari pihak-pihak tertentu yang menganggap bahwa PSN adalah sebagai ajang kampanye jelang Pilpres adalah tidak benar. Karena sudah dirumuskan sejak jauh-jauh hari sebelumnya, dan merupakan program pembangunan pemerintahan Jokowi-JK dalam lima tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s