Zona Berita

Jokowi, Presiden Pertama yang Kunjungi Komnas HAM

ZONADAMAI.COM, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menyerahkan delapan butir rekomendasi terkaitan HAM kepada Presiden Joko Widodo.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, Selasa (11/12/2018) hari ini Jokowi akan mendatangi Kantor Komnas HAM di Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat.

Kedatangan Jokowi merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, Jokowi sempat menyambangi kantor Komnas HAM saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Sebagai presiden, ini adalah sejarah. Karena untuk pertama kalinya sejak berdirinya Komnas HAM 25 tahun yang lalu, seorang presiden akan datang ke Komnas HAM,” ujar Beka di kantor Komnas HAM, Kamis (11/12/2018).

Dalam pertemuan antara Komnas HAM dengan Jokowi, ucap Beka, akan disampaikan rekomendasi yang berkaitan dengan HAM. Rekomendasi itu, disusun oleh Komnas HAM di Wonosobo, Jawa Tengah, saat penyelenggaran Festival HAM.

“Kami akan memberikan delapan butir rekomendasi,” ucap Beka.

Terdapat lima isu dalam delapan butir tersebut: pertama, rekomendasi soal intoleransi. Kedua, penyelesaian konflik agrari. Ketiga, penyelesaian pelanggaran HAM berat di masa lalu. Keempat, kepatuhan rekomendasi.

“Komnas HAM memberikan rekomendasi terus, tapi ada yang banyak sekali yang belum dipatuhi,” jelas Beka.

Beka meminta Jokowi mengeluarkan kebijakan supaya aparat pemerintah baik pusat maupun daerah mematuhi rekomendasi yang diberikan Komnas HAM. Kemudian, remendasi kelima, soal penguatan kelembagaan Komnas HAM dari soal revisi Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 dan revisi Undang-Undang Nomor 26 tahun 2000.

“Sampai kepada penguatan administrasi atau tata kelola Komnas, karena kan juga di sana ada soal kedudukan komisioner. Kemudian Keppres atau soal anggaran segala macam, atau bahkan kami juga berencana minta gedung baru, karena layanan kami ini sudah tidak memadai lagi,” beber Beka.

Komnas HAM juga meminta Jokowi berkomitmen terhadap kemajuan dan penegakan HAM.

“Sepertinya Presiden menangkap pesan itu, sehingga kemudian berencana datang ke Komnas HAM,” cetus Beka.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s