Zona Berita

Pemuda Muhammadiyah Menyatakan Netral Di Pilpres 2019

ZONADAMAI.COM, Calon Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menegaskan, jika terpilih akan membawa organisasi tetap berjarak dengan politik praktis. Termasuk di Pilpres 2019, yang dianggap lebih baik bagi Pemuda Muhammadiyah untuk netral.

Pria yang akrab disapa Cak Nanto itu maju sebagai calon ketum PP Muhammadiyah di Muktamar ke-XVII.

Cak Nanto menjelaskan, sesungguhnya Muhammadiyah jauh sebelumnya telah menetapkan tidak adanya larangan bagi para kader Muhammadiyah untuk terlibat dalam politik praktis. Muhammadiyah memberi kebebasan untuk berpolitik. Namun, itu dalam kapasitas personality bukan secara institusi.

“Kalau secara pribadi, Muhammadiyah membebaskan keputusannya untuk berpolitik, tapi secara organisasi, maka (secara) khittohnya sudah tidak dilarang,” kata Cak Nanto, Rabu (28/11).

Dia menegaskan, jika terpilih, dirinya tak akan sedikit pun membawa roda organisasi Pemuda Muhammadiyah untuk terjebak dalam dukung-mendukung di perhelatan Pemilu 2019 mendatang.

“Oleh sebab itu, saya ini orang independen. Selama ini bekerja di dunia kepemiluan. Saya sudah 10 tahun. (Dan sekarang) sebagai Kornas JPPR,” tuturnya.

“Dan saya tidak mau mengorbankan proses yang panjang ini dengan suatu gerakan dukung mendukung,” tegas Cak Nanto.

Meski netral, lanjut Ia, Kepengurusan Pemuda Muhammadiyah ke depan harus mampu mendiasporakan potensi-potensi yang dimiliki setiap kader sesuai kompetensi dan peluang yang ada, baik di dunia politik, ekonomi, sosial, pendidikan, dan sektor lainnya.

“Tapi bisa pastikan gerakan individu kader akan kami tempatkan sesuai keinginan dan porsinya dan menggerakkan bagaimana kader-kader Muhammadiyah ini untuk menjadi bagian sumbangsih kenegaraan,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s