Zona Berita

Melihat Pencapaian Presiden Joko Widodo

ZONADAMAI.COM, Pada 20 Oktober 2018 lalu, masa Pemerintahan Jokowi-JK telah memasuki tahun keempat. Tak terasa, karena di tahun 2019 negara ini kembali memasuki tahun pemilu di mana Jokowi kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden dengan menggandeng Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Lalu, dalam 4 tahun masa Pemerintahan Jokowi-JK, pencapaian apa saja yang telah diraih untuk kemajuan bangsa ini?

Beberapa pencapaian Jokowi-JK yang perlu digarisbawahi yang pertama adalah menyangkut kesejahteraan rakyat Indonesia yang selalu menjadi polemik negara ini. Pencapaian Jokowi-JK terkait hal tersebut dibuktikan dengan menurunnya angka kemiskinan di mana pada tahun 2014 angka kemiskinan mencapai 11,25% terus menurun hingga ke angka 9,82% di tahun 2018. Kemudian angka pengangguran yang turun menjadi 5,1%, pertumbuhan ekonomi yang naik ke angka 5,27%, dan inflasi yang turun hingga ke angka -0,18%.

Selain dari segi ekonomi, pencapaian Jokowi-JK dapat dirasakan dari pembangunan infrastruktur yang masif di berbagai daerah seperti pembangunan jalan tol, jalan nasional, bendungan, hingga pelabuhan. Baru-baru ini pembangunan Tol Trans Jawa mulai dirasakan manfaatnya tidak hanya bagi pengguna jalan, namun juga beberapa sektor yang saling terkait. Pembangunan infrastruktur ini tentunya akan berpengaruh pada perkembangan hidup masyarakat luas karena menyangkut konektivitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia tersebut.

Dari segi politik, pertahanan dan keamanan, dalam Laporan 4 Tahun pemerintahan Jokowi-Kalla, tim pemerintah mengutip temuan Legal Roundtable di mana tampak peningkatan kinerja Indonesia sebagai negara hukum. Pada tahun 2016 indek menunjukkan angka 5,31% dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 5,84%. Pencapaian-pencapaian Jokowi juga mencakup banyak sektor lainnya seperti sains dan teknologi, sumber energi seperti akses listrik semakin merata, ekspor, dan sebagainya.

Karakter dan gestur Jokowi yang terlihat kalem, bertutur lembut dan tidak sombong memberikan penilaian positif di mata masyarakat. Jokowi yang terkenal dengan hobi blusukan ini membuat masyarakat akrab dengan sosoknya. Tak ayal jika julukan “Putra Rakyat” pun mulai melekat pada sosok Jokowi. Hal ini akan menjadi suatu PR bagi kandidat pemilu yang akan bersaing dengan Jokowi di pesta politik Pilpres 2019 mendatang.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s