Zona Berita

Penghargaan Presiden Bank Dunia, Jokowi Bukan Lagi Sekedar Muslim Berpengaruh Dunia

ZONADAMAI.COM, Ketika ucapan KH. Ma’ruf Amin disorot oleh pihak oposisi tentang kelakuan mereka menutup mata terhadap berbagai pencapaian kepemimpinan Jokowi, dunia internasional justru telah menunjukkan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Jokowi. Pihak oposisi memperbesar masalah ucapan ‘buta’ dan ‘budek’ Kyai Ma’ruf hanya untuk kepentingan dibenturkan dengan para penyandang disabilitas.

Kepopuleran Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hanya membawanya pada jabatan tertinggi di negara ini. Namanya di mata dunia bahkan telah dipandang sebagai sosok berpengaruh dan ikonik.

Survei internasional bahkan menunjukkan bahwa popularitas Jokowi telah membubung tinggi oleh momentum gebrakan pemerintahannya.

Seperti yang diyakini The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA) ketika merangkum daftar terbaru 500 Muslim Paling Berpengaruh di dunia untuk tahun 2019. Sebagai sosok presiden yang populer atas latar belakangnya tersebut, Presiden Jokowi masih bertahan di urutan ke-16 deretan 50 muslim paling berpengaruh sedunia.

Sementara penantangnya Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri masuk dalam Daftar 450 Nama (The Final 450) kategori politik.

Berbeda dengan kategori 50 teratas yang disusun lengkap dengan peringkat, tak ada urutan dalam kategori 450 nama ini. Adapun di daftar 450 ini, semua nama dibagi dalam kategori-kategori tertentu. Ada kategori keilmuan, politik, administrasi hubungan agama, pengkhotbah dan pemimpin spiritual.

Bahkan, kepopuleran Jokowi membuat dirinya kemudian ‘diduplikatkan’ menjadi sebuah patung lilin di Museum Madame Tussauds Hong Kong.

Jokowi menjadi orang Indonesia ketiga yang diwujudkan dalam bentuk patung lilin di Museum Madame Tussauds, setelah Presiden RI ke-1 Soekarno dan penyanyi kondang Anggun C Sasmi.

Sederhana, merakyat, dan anti-korupsi, itulah yang membuat Jokowi dipilih sebagai tokoh yang patut diabadikan di museum itu.

Prestasi lain Presiden Jokowi yang dianggap dapat merubah dunia adalah saat memberikan pidato yang mencerahkan dalam pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF di Bali Oktober 2018 lalu.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengaku terkesan dengan sambutan yang dilakukan masyarakat Indonesia dan juga pidato pembuka Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya, Jokowi menganalogikan kondisi ekonomi di dunia ini layaknya sebuah film ‘Game Of Thrones’.

Baginya, apa yang sudah disampaikan tersebut di luar kebiasaan pemimpin negara yang selama ini menjadi tuam rumah pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia.

“Pidato yang disampaikan Pak Presiden sungguh mengesankan. Melalui Game of Thrones, minggu ini, Pak Presiden dan Indonesia memberikan kita semua di dunia inspirasi baru untuk memperbaiki hubungan multilateral tanpa terkecuali,” kata Kim di Nusa Dua, Bali, (14/10/2018).

Kim menegaskan bahwa saat ini memang telah terjadi peperangan terutama di bidang ekonomi.

Peperangan ini terjadi karena kurangnya koordinasi antar negara.

“Saat ini tantangan besar yang kita hadapi adalah berkurangnya solidaritas oleh beberapa negara. Baik terhadap mereka yang miskin atau yang beragama,” Kim menambahkan.

Padahal, masa depan kesejahteraan dunia tidak bisa diselesaikan oleh satu negara, melainkan harus bergandeng tangan dan saling menjungjung tinggi jiwa kebersamaan. Langkah Jokowi yang dapat menginspirasi dunia tentu dapat dijadikan momentum bagi Indonesia menjadi negara maju.

Demikian pula dalam negeri, masa depan Indonesia terletak pada persatuan dan kerukunan bangsa, dan hal ini berkali-kali diingatkan Presiden Jokowi dalam setiap kesempatan.

Perang opini dan perang propaganda untuk menciptakan stigma negatif kepada lawan politik sudah sangat nyata, sehingga pada tingkat akar rumput telah terjadi polarisasi yang justru dimanfaatkan oleh penggiat paham radikalisme untuk memperbesar pengaruhnya.

Sehingga ketika Presiden Jokowi dapat menginspirasi dunia, pihak dalam negeri pun mestinya memetik segala teladan dan inspirasi yang telah diperbuat Presiden Jokowi dengan menunjukkan kinerja nyata dalam membangun bangsa dengan melibatkan semua pihak dan merata ke seluruh negeri.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s