Zona Berita

Kiai Ma’ruf Mengingatkan Sandiaga Adab Ziarah Kubur

ZONADAMAI.COM, Calon wakil presiden (cawapres) Kiai Ma’ruf Amin angkat bicara terkait insiden pelangkahan makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Kiai Bisri Syansuri oleh Sandiaga Uno. Ma’ruf menilai apa yang dilakukan calon wakil presiden nomor urut 02 itu menyangkut adab berziarah kubur.

“Itu kan soal adab, soal adab dan soal etika ya,” kata calon wakil presiden pendamping Joko Widodo itu di Jakarta, Selasa (13/11).

Namun, Ma’ruf menyerahkan penilaian terkait adab dan etika itu kepada warga di lokasi. Meskipun, menurut calon wakil presiden nomor urut 01 itu, melangkahi makam apalagi seorang ulama besar telah menyalahi etika.

“Ya jadi mungkin, apalagi makam seorang ulama besar dilangkahi misalnya, itu soal nanti masyarakatlah,” kata Ma’ruf lagi.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non-aktif itu, adab yang baik saat melakukan ziarah makam adalah dengan berdoa. Dia mengatakan, peziarah juga bisa meminta berkah kepada ulama atau wali tersebut.

“Saya kira itu saja, dan tentu berlaku santunlah, menghormati pada makam itu saya kira,” kata Ma’ruf Amin lagi.

Dalam sebuah video berdurasi 14 detik yang viral di media sosial, Sandiaga Uno terlihat melangkahi sebuah makam saat berziarah ke Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Video itu pun menyulut pro dan kontra.

Dalam video itu, Sandiaga awalnya melakukan tabur bunga di makam KH Bisri Syansuri. Setelah selesai, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu terlihat melangkahi makam tersebut untuk beralih menabur bunga ke makam lain.

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang juga bersama Sandiaga nyaris mengikuti langkah cawapresnya. Namun, dia dicegah pengurus Ponpes Denanyar dan diminta memutar tidak melangkahi makam.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s