Zona Berita

Komentar JK Terkait Kasus Pernyataan tampang Boyolali”

ZONADAMAI.COM, Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin sekaligus Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) menanggapi ucapan pidato Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyinggung ‘tampang Boyolali’.

Selasa (6/11/2018), Jusuf Kalla mengatakan sebagai capres-cawapres seharusnya bersikap hati-hati dalam berargumen.

“Karena itu maka kampanye itu jangan berbuat salah,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Menurut JK, dalam kampanye, ada dua kemungkinan yang didapatkan seseorang.

Yakni apresiasi atau mendapat poin kalau benar, namun kehilangan poin jika orang itu salah.

“Seperti yang selalu saya katakan dalam pemilu kampanye itu orang akan memberi apresiasi atau mendapat poin kalau dia benar. Tapi akan kehilangan poin apa bila dia berbuat salah,” ujar Kalla.

JK mengibaratkan kampanye seperti olahraga bulutangkis, jika salah, lawan akan mendapat tambahan poin.

“Karena itu sering saya contohkan bulu tangkis. Begitu smash masuk nah itu poin. Terlalu hati-hati atau salah sehingga malah itu lawan yang akan dapat (poin),” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam pertemuan dengan tim pemenangan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018), Prabowo membahas tentang akses kesejahteraan yang menjadi agenda besar timnya.

Adapun satu di antara topiknya, membahas mengenai peningkatan kapasitas produksi karena menurut data yang mereka terima, terjadi penurunan kesejahteraan di desa.

Dalam isi pidato di hadapan tim pemenangan, Prabowo menyebutkan istilah ‘tampang Boyolali’ yang menjadi viral dan perbincangan publik.

Adapun bunyi pidatonya sebagai berikut:

“…Dan saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? (Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut). Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang kaya, tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini. Betul? ((Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut).”

Reaksi dari ucapan tersebut ternyata membuat belasan ribu warga Boyolali mendesak Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat Boyolali.

Minggu (4/11/2018), seorang warga Boyolali, S Paryanto, mengatakan aksi yang terjadi saat ini murni merupakan gerakan masyarakat, tidak ada unsur politis sama sekali.

“Yang kami perlukan adalah Prabowo minta maaf kepada warga Boyolali secara terbuka, karena pidatonya yakni ‘Tampang Boyolali’ itu menyinggung perasaan warga Boyolali,” ungkapnya kepada TribunSolo.com di Gedung Mahesa Boyolali, Minggu (4/11/2018).

belasan ribu warga Boyolali tersebut memang terlihat tumpah ruah di dua titik lokasi yakni gedung Mahesa dan di jalan Pandanaran, khususnya di simpang siaga dan monumen susu segar, Boyolali.

Spanduk dan poster dengan berbagai tulisan tampak jelas mewarnai aksi tersebut, antara lain bertuliskan #SaveTampangBoyolali, #2019TetapTampangboyolali, Prabowo Harus Minta Maaf, Boyolali Bermartabat dan sebagainya.

Merasa dituding menghina masyarakat Boyolali, Prabowo telah mengatakan klarifikasi, berisi permintaan maaf serta penjelasan dari apa yang diucapkannya, dilansir dari akun Twitter Koordinator Jubir TKN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar, @Dahnilanzar, Selasa (6/11/2018).

“Jadi ya maksud saya tidak negatif, tapi kalau ada yang tersinggung, saya minta maaf, maksud saya tidak seperti itu.

Saya mungkin diminta dialog langsung, enggak ada masalah, kita baik-baik saja. Demokrasi kan, ya harus dinamis, ideologis, kalau kita enggak boleh melucu, enggak boleh seloroh, joking, enggak boleh bercanda, ya bosen, tidur nanti mereka semua, kasihan,” imbuh Prabowo.

Dahnil kemudian menyampaikan Prabowo hanya ingin lebih akrab dengan masyarakat Boyolali.

“Jadi pesan pak Prabowo teman-teman, beliau ingin akrab dengan masyarakat Boyolali, dan beliau ingin akrab dengan rakyat Indonesia,” tambah Dahnil.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s