Zona Berita

IMF-WB Annual Meeting, Keuntungan Jangka Panjang Bagi Indonesia

ZONADAMAI.COM, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan International Monetary Fund dan Bank Dunia (World Bank) atau IMF-WB 2018, pemerintah menganggarkan Rp 800 miliar lebih. Dari kegiatan tersebut diperkirakan akan memperoleh 100 juta dolar AS.

“Jadi kita masih untung sedikit, tapi itu yang bisa kita lihat. Di balik itu keuntungan jangka pajang bagi Indonesia,” kata Luhut yang juga Ketua Panitia IMF-WB 2018 dalam konferensi pers usai mengadakan Rapat Koordinasi Nasional kepanitiaan di Nusa Dua.

Menurutnya, keuntungan jangka panjang dari ajang tahunan ini yaitu menggerakkan perekonomian Indonesia maupun bagi Bali sendiri yang banyak melibatkan pelaku UKM lokal. Contohnya akan banyak industri kerajinan UKM akan terlibat dalam proses pelaksanaan event IMF-WB 2018, termasuk aktivitas pembelian suvenir. Itu artinya ada pergerakan ekonomi ke sektor UKM. Dari sektor akomodasi perhotelan dan restoran juga akan memperoleh dampak positif karena sejumlah delegasi yang dijadwalkan hadir kurang lebih mencapai 15 ribu orang dari 189 negara.

“Para delegasi tersebut tentunya tidak akan menghabiskan waktunya hanya di hotel ataupun mengkonsumsi makanan di restoran mewah, mereka juga ingin menikmati sajian atau istilah kita blusukan untuk mencari makanan khas Bali dan Indonesia di restoran kecil di luar kawasan pertemuan,” ujarnya.

Selain itu dari pertemuan ini bisa sebagai promosi pariwisata Bali dan destinasi wisata di Indonesia lainnya. Pemerintah memanfaatkan ajang ini dengan mempromosikan sejumlah destinasi wisata selain Bali yaitu Lombok, Yogyakarta, Banyuwangi, Danau Toba, hingga Labuan Bajo. Kurang lebih ada sekitar 60 paket-paket wisata ke daerah-daerah tersebut.

“Tidak kalah penting dari pertemuan ini, menunjukkan kepemimpinan, citra dan reputasi Indonesia mampu melaksanakan kegiatan internasional yang besar dan aman. Termasuk, kisah sukses Indonesia dalam melaksanakan pembangunan,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan dari sisi perbaikan dan pembangunan berbagai infrastruktur di Bali juga ikut terjadi percepatan seperti penyelesaian underpass ke Bandara, pembangunan Tanjung Benoa cruise terminal yang terkatung-katung dan pembangunan TPA Suwung yang lama terbengkalai. Beberapa infrastruktur ada yang seharusnya selesai pada 2019 tetapi dimajukan menjadi 2018.

“Perbaikan infrastruktur tidak hanya semata karena Bali menjadi tuan rumah tetapi lebih dipercepat pelaksanaannya,” paparnya sambil menerangkan anggaran yang disiapkan untuk IMF-WB Rp 868 miliar, kira-kira yang dipakai Rp 650 miliar untuk infrastruktur, logistik dan acara-acara budaya dan sisanya Rp 200-an miliar yang dikeluarkan untuk membayar hotel para delegasi itu akan dikembalikan ke Indonesia setelah kegiatan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan, alokasi Rp 200-an miliar tersebut akan kembali ke Indonesia melalui warga Bali.

“Event ini semua local content. Setelah selesai panitia akan menghibahkan seluruh peralatan yang digunakan seperti komputer kepada sekolah-sekolah di Bali,” paparnya.

Sementara itu Gubernur BI Agus Martowardojo menerangkan pada IMF-WB 2018 merupakan pertemuan terbesar dunia dalam bidang ekonomi dan keuangan, yang menghadirkan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara anggota serta sektor privat, akademisi, NGO dan media. Secara keseluruhan, total peserta mencapai 15.000. Dalam pertemuan tersebut, turut diselenggarakan berbagai side events, seperti seminar, investment forum, FGD, workshop, dan cultural events. Pertemuan ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, khususnya dalam peningkatan cadangan devisa, perdagangan dan investasi, pariwisata serta kepemimpinan Indonesia di kawasan. Tujuan utama penyelenggaraan AM 2018 adalah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia dan Asia sebagai ekonomi yang reformed, resilient, dan progressive, di samping engagement yang lebih kuat terhadap IMF maupun World Bank dengan stigma

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s