Zona Berita

Jelang Pilpres 2019, Generasi Muda Garut Gelar Deklarasi Kampanye Damai

ZONADAMAI.COM, Jawa Barat Menjelang penyelenggaraan Pilpres 2019, masyarakat perlu terus waspada terhadap beredarnya opini negatif, yang mengandung isu Suku, Agama, dan Ras (SARA), ujaran kebencian dan berita hoax.

Hal ini karena tahun 2018 merupakan tahun politik, Seluruh masyarakat akan melaksanakan Pemilihan Presiden di banyak daerah termasuk Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Garut.

Para pemuda dari berbagai latar belakang yang mengatasnamakan ‘Generasi Muda Garut’ mendeklarasikan Kampanye Pemilu Damai di Alun – alun Kabupaten Garut Jawa Barat

“Kami Generasi Muda Garut, berharap pemilu 2019 berjalan umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Nanang Hidayat Koordinator generasi Muda Garut Rabu (26/9/2018).

Penyebaran isu SARA, saat ini sangat mudah melalui media sosial yang semakin maju, targetnya kebanyakan adalah kalangan generasi muda serta para pemilih pemula, sebagai pengguna media social yang aktif.

Karena itu, Nanang mengimbau agar generasi muda terutama yang berada di Kab Garut, agar tidak latah dan ikut-ikutan menyebarkan isu SARA dan ujaran kebencian.

Seandainya ada isu SARA, segera saja dihapus dan dihilangkan dari media social, karena perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak pidana pemilu.

Selain melakukan deklarasi pemilu damai 2019, secara simbolis mereka memasang spanduk dan stiker bermuatan propoganda yang berisi “BERBEDA TAPI TETAP SATU, #2019 KITA TETAP BERSAUDARA”

Stiker tersebut di bagikan kepada sejumlah pengguna jalan di sekitaran Simpang Lima Kabupaten Garut. Maksud dan tujuan mereka memberikan stiker untuk mengingatkan kepada semua orang untuk jangan mau terprovokasi atas isu isu yang bisa merusak persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Aksi mereka mendapatkan dukungan dari sejumlah masyarakat Jawa Barat, Khususnya Garut, dan aksi tersebut berjalan damai

kampanye akan dimulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Sementara, pemilih bisa menentukan pilihannya di pemilu pada 19 April 2019.

Atas hal itu, masyarakat mulai saat ini, perlu menyiapkan diri untuk menghindari segala macam pengaruh negatif yang dapat memprovokasi, dan berpartisipasi aktif untuk mencegah segala bentuk intimidasi yang dapat mengganggu kesuksesan pelaksanaan Pilpres 2019.

“Masyarakat perlu menyadari bahwa kunci suksesnya pimilu, ada ditangan masyarakat bukan ditangan calon atau tim sukses” tambah Nanang.

“Melaksanakan kampanye damai yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye, berdasarkan peraturan UU yang berlaku,” sebut Nanang.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s