Zona Berita

Jokowi Pantas Menjadi Tokoh Pemerataan Pembangunan

ZONADAMAI.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen dalam mendorong pemerataan pembangunan di Seluruh Indonesia.

Hal ini mutlak diperlukan agar kue pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Motivasi itulah yang membuat Jokowi berani menggenjot pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan jika pemerintahannya hanya memperhitungkan aspek bisnis semata, maka dirinya akan membangun infrastruktur di Jawa saja.

“Kurang apa di Jawa bagian Utara saya kira ndak banyak. Tol tambah sedikit. Airport sudah cukup, pelabuhan tambah sedikit. Investor pasti akan masuk, tapi itu hitung-hitungan ekonomi. Hitung-hitungan bisnis. Kita ini mengelola negara,” ujar dia dalam acara 50 tahun Kadin Indonesia di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin malam 24 September 2018.

“Kenapa kita harus bangun di Papua, Maluku Utara, di NTT, kenapa kita harus bangun di Indonesia bagian timur? Karena kita bernegara, bukan berbisnis. Bukan berekonomi saja,” lanjut dia.

Dia mengatakan, dari sisi perhitungan politik pun demikian. Jika hanya ingin meraup banyak suara, dia bisa saja hanya membangun di Jawa. Akan tetapi, hal tersebut tentu akan menimbulkan ketimpangan pembangunan di tanah air.

“Kalau mau return politik, (bangun infrastruktur) di Jawa saja. 60 persen penduduk ada di Jawa. Jawa atau Bali. Itu return politik akan masuk ke kita. Itu hitungan politisi, tapi sekarang kita bernegara,” ujar dia.

“Indonesia bukan hanya Jawa saja. Memiliki 17 ribu pulau. Saya lihat ketimpangan infrastruktur betul-betul sangat mencolok,” Imbuh dia.

Dia yakin, pemerataan pembangunan infrastruktur yang telah dan sedang digenjot Pemerintah akan dapat mengerek daya saing Indonesia secara menyeluruh alias bukan hanya di daerah-daerah tertentu.

“Bagaimana negara ini bisa bersaing, mempunyai daya saing yang baik kalau infrastruktur kita seperti itu,” ujar dia.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s