Zona Politik

Deklarasi Kampanye Damai Untuk Pilpres 2019

Deklarasi kampanye damai telah dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 23 September 2018 di lapangan Monas, Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh dua calon presiden dan wakil presiden yang akan mengikuti Pemilihan Presiden RI 2019 yakni pasangan nomor urut 1, Joko  Widodo – Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, juga beberapa calon anggota legislatif tingkat pusat. Sebelum acara deklarasi dimulai, Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi sempat diarak keliling Monas. Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Bali, sementara Prabowo memakai baju khas daerah Jawa Tengah.

 

Situasi panas politik yang akhir-akhir ini sangat gencar diciptakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di sosial media baik berupa berita provokatif, hoax maupun fitnah cukup menjadi perhatian bagi KPU karena dianggap adanya kecenderungan mengarah pada kampanye hitam. Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan KPU dianggap oleh masyarakat sebagai langkah yang tepat di tengah kegaduhan politik jelang pilpres terutama di media sosial.

 

Ketua KPU Arief Budiman meminta para peserta Pemilu 2019 untuk berkampanye dengan damai, menjauhi isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), mencegah penyebaran kabar bohong (hoax) yang berpotensi memanaskan suasana dan memecah-belah bangsa. Selain itu kampanye diharapkan dapat memberikan pendidikan politik kepada pemilih dan dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih.

 

Ada tiga janji yang diucapkan bersama oleh para peserta pemilu, yaitu:

  1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
  2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang.
  3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah itu, sebagai simbol perdamaian, para peserta Pemilu 2019 melepaskan Burung Dara ke angkasa dan menandatangani Pakta Ikrar yang telah diucapkan.

 

Masa kampanye Pemilu 2019 akan berlangsung hingga 13 April 2019. Setelah tiga hari masa tenang, 14-16 April, pemungutan suara akan berlangsung 17 April 2019 secara serentak di seluruh Indonesia.

Categories: Zona Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s