Zona Editorial

Perkembangan Indonesia oleh Pemerintah di Tahun Politik Saat Ini

Menjelang pemilihan Presiden 2019 dan Legistatif, menjadikan 2018 menjadi tahun yang penuh drama dan kisah-kisah politik. Masyarakat indonesia seolah-olah dipecah menjadi dua kubu, antara mereka yang merasakan kemajuan-kemajuan oleh hasil upaya Pemerintahan saat ini dengan mereka yang mengingkan perubahan-perubahan karena menganggap pemerintahan saat gagal dalam pandangan mereka.

Kita sebagai masyarakat umum tentunya menyadari banyak terjadi peningkatan dan kemajuan-kemajuan di segala bidang, baik bidang infrastruktur, maupun kepada taraf kualitas hidup masyarakat indonesia, memang segala perubahan-perubahan yang terjadi tidak terlepas dari kesalahan sehingga menjadi bahan kritikan untuk mereka yang pihaknya merasa bahwa visi dan misi kelompok merekalah yang lebih benar tanpa memberikan prestasi dan kinerja apapun untuk bangsa ini.

Saat pidato kenegaraan di Gedung MPR, Presiden Joko Widodo memaparkan hasil kinerja pemerintahan yang Kita semua rasakan manfaat dan hasilnya namun tidak tersadari upaya, kinerja dan kerja kerasnya, seperti Kartu Indonesia Pintar yang sudah menjangkau lebih dari 20 juta peserta, hal ini tentunya dapat memperbaiki kualitas pendidikan agar semakin banyak anak-anak Indonesia yang dapat mengenyamkan pendidikan sehingga kedepannya dapat turut mencerdaskan bangsa ini.

Selain bidang pendidikan, dalam bidang kesehatan Pemerintahan Jokowi turut sukses melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang penerimanya terus meningkat setiap tahun semenjak 4 tahun pemerintahan Jokowi, dari 86,4 juta jiwa di tahun 2014 yang menerima bantuan iuran JKN, meningkat ditahun 2018 menjadi 92,4 juta jiwa.

Dalam bidang ekonomi pun tentu semakin banyak pula masyarakat yang disejahterakan, seperti dengan menurunkan pajak final UMKM menjadi 0,5% serta penajaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa dinikmati 12,3 juta UMKM hal ini tentunya untuk mendongkrak industri lokal agar dapat terus maju, yang nantinya tidak hanya dikancah nasional namun juga internasional, perkembangan ini pun nantinya akan dapat menyuburkan lapangan pekerjaan yang luas untuk masyarakat Indonesia. Presiden Jokowi juga memberikan jaminan perlindungan sosial, salah satunya dengan menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok dan juga menyalurkan Program Keluarga Harapan kepada 10 juta keluarga, serta mereformasi sistem bantuan pangan menjadi program bantuan non-tunai agar lebih tepat sasaran dan cakupannya meningkat menjadi 15,6 juta jiwa di tahun 2019 nanti.

Selain itu banyak pula keberhasilan yang telah dicapai oleh pemerintah 3 tahun sebelumnya yang mungkin kita sudah lupa, seperti membubarkan PETRAL sehingga bisa menghemat anggaran sebesar Rp 250 miliar per harinya. Mencabut subsidi BBM untuk orang menengah ke atas, sehingga dananya dapat digunakan untuk hal produktif seperti peningkatan infrastruktur, Meresmikan jalan toll Trans Sumatera, Toll Trans Papua, PLTU Batang, PLTU Ketapang, PLTMG Arun, PLTG Paguat Pohuwato, MRT dan LRT, Pabrik Pupuk terbesar se-Asia Tenggara, membangun pengairan Waduk Jatigede, pembangunan Pelabuhan Laut dalam di Papua, membangun SPBU di papua sehingga harga bensin dapat sama rata diberbagai wilayah Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lagi prestasi-prestasi di era Pemerintahan Joko Widodo, dan berbagai prestasi tersebut harus diteruskan kedepannya, terus diperbaiki sehingga menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang bermartabat dan negara yang dapat mensejahterakan rakyatnya.

Oleh karena itu, marilah Kita semua berpikir lebih cerdas lagi mulai dari sekarang, tentu boleh tidak setuju, boleh juga untuk mengkritik, namun kita semua harus dapat berpipikir dan bertindak adil dengan tetap mengapresiasi keberhasilan yang telah ditorehkan pemerintahan kita.

*Oleh Idam Sanjaya (Penulis adalah Mahasiswa Ilmu Politik Undip)

Categories: Zona Editorial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s