Zona Berita

Kepala Desa Sumatra Barat Mendukung Jokowi Saat Pilpres 2019

ZONADAMAI.COM, Sebanyak 10 orang bupati dan wali kota di Sumatera Barat mendeklarasikan diri untuk mendukung Jokowi kembali menjadi Presiden Indonesia. deklarasi ini diselenggarakan di Hotel Inna Muara, Dalam deklarasi tersebut, terdapat 6 dari 10 kepala daerah di Sumatera Barat yang hadir.

Kepala daerah itu terdiri dari Bupati Dharmasaraya Sutan Rizka, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Pessel Hendra Joni, dan Walikota Solok Zul Efian.

Sementara, empat kepala daerah yang tidak hadir pada deklrasi itu, adalah Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabanggalat, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Solok Gusmal, dan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Bupati Dharmasaraya Sutan Rizka mengatakan bahwa deklarasi pernyataan dukungan dari para kepala daerah Sumbar karean merasakan perhatian dari kepemimpinan Presiden Jokowi selama empat tahun menjabat.

Sutan menerangkan bahwa para kepala daerah ini merasakan pemerataan pembangunan dan program-program presiden Jokowi.

“Kami sebagai kepala daerah merasakan bangunan dan perhatian sangat khusus kepada Sumbar dan Indonesia. Berbagai program-program pemerintah juga kami rasakan, sehingga perlu dilanjutkan oleh Bapak Presiden Jokowi,” kata Sutan Riska.

Bupati Sinjunjung Yuswir Arifin menambahkan bahwa perhatian dan dukungan dari Pemerintah Pusat di daerah Sijunjung sangat besar sehingga dia pantas untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode ke dua.

“Kami masih membutuhkan bantuan keuangan dari pusat untuk membangun sarana prasarana, termasuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Untuk itu, saya sebagai Bupati Sijunjung mendukung Jokowi untuk kembali melanjutkan jabatannya,” ujarnya

Sebelumnya (18/9/2018) beredar surat dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf 12 kepala daerah di Sumbar.

Surat pernyataan dukungan tersebut beredar saat pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto Deri Asta-Zohirin di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Senin (17/9/2018).

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumbar Desrio Putra pun bereaksi terkait surat dukungan yang beredar tersebut

Menurutnya dalang penyebar surat dukungan tersebut harus diusut sehingga diketahui siapa yang memerintahkan pada kepala daerah untuk menandatangai surat tersebut.

Desrio juga malah menantang para kepala daerah yang mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf untuk mendeklarasikan dukungan secara terbuka.

Desrio meyakini besar kemungkinan para kepala daerah yang mendukung Jokowi akan ditinggalkan oleh pendukungnya.

“Kalau mereka sungguh-sungguh dukung Jokowi, coba satu per satu adakan deklarasi dan pernyataan dukungan. Kita lihat saja apakah masyarakat di daerah akan mengikuti atau tidak. Besar kemungkinan mereka akan ditinggalkan pendukungnya,” tantang Desrio

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s