Zona Berita

Pesan Kapolda demi kelancaran Pilpres Dan Pileg

ZONADAMAI.COM, Dalam rangka mengobarkan semangat damai dan kondusif jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 khususnya di wilayah Jawa Barat, digelar acara deklarasi bersama yang bertempat di Aula Moeryono Mapolda Jabar, Jl. Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (12/9/2018).

Kegiatan deklarasi tersebut antara lain dihadiri oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Ketua DPRD Prov. Jabar, Kajati Jawa Barat, Kapengti Jawa Barat, Kabinda Jabar, Ketua KPU Prov. Jabar Yayat Hidayat, Ketua Bawaslu Prov. Jabar, para tokoh agama, tokoh ormas, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat se-Jawa Barat dan seluruh elemen masyarakat dan perwakilan partai politik.

Kegiatan deklarasi ini bertujuan untuk mengantisipasi kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian, hoaks, dan menggunakan isu sara dalam pemilu, serta mendukung tugas Polri dan TNI dalam mengamankan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di wilayah hukum Polda Jabar.

Selain itu juga bertujuan untuk pendekatan sinergi polisional yang proaktif melalui peningkatan sinergi, koordinasi dan komunikasi serta membangun kerjasama dengan segenap unsur TNI, Pemerintahan dan Elemen Masyarakat. Diharapkan akan mendorong terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif guna mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019.

“Setiap tahapan Pileg dan Pilpres mempunyai kerawanannya masing-masing, diantaranya money politic, black campaign, intimidasi, menggunakan fasilitas negara, konflik antar pendukung, pengerahan massa, dan sebagainya,” ungkap Kapolda.

Kapolda Jabar berharap, kegiatan deklarasi ini tidak bersifat seremonial semata, namun bertanggungjawab dan bersungguh-sungguh sebagai aparatur negara dan masyarakat dalam mendukung terselenggaranya setiap tahapan Pileg dan Pilres 2019 di Provinsi Jawa Barat.

“Pileg dan Pilpres 2019 dapat terlaksana dengan baik dan bisa mengokohkan demokrasi, baik secara prosedural maupun secara substansial. Untuk mewujudkan demokrasi yang semakin matang, maka diperlukan partisipasi dari seluruh kompenen bangsa, mulai dari peserta pemilu (partai politik beserta pendukung), pihak penyelenggara (KPU dan Bawaslu), pemerintah pusat dan daerah, serta masyarakat (pemilih),”

Kapolda Jabar menghimbau kepada jajaran KPU dan Bawaslu Prov. Jabar sebagai pihak penyelenggara agar senantiasa menjaga netralitas dan transparansi dengan tidak berpihak, sehingga terwujud pelaksanaan pemilu yang aman, damai dan sukses.

Tidak ketinggalan juga kepada jajaran kepolisian, Kapolda Jabar berpesan untuk bersikap netral dan siap mengawal dan mengamankan pesta demokrasi Pileg dan Pilres 2019 dengan bersama-sama untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan TNI, Pemda, pihak penyelenggara, instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Jawa Barat.

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s