Zona Berita

Asian Games 2018 Jadi Bukti Indonesia Siap Gelar Olimpiade

Nazvi Careem, wartawan media Hong Kong, South China Morning Post, membuat sebuah artikel yang berisi bagaimana kesuksesan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018.

Salah satu kalimat yang menarik dari tulisan Nazvi Careem adalah Tokyo dan Hangzhou dalam empat tahun mendatang harus bekerja keras menghimpun imajinasi dan kreativitas kelas dunia jika ingin mengalahkan Jakarta 2018.

Kalimat tersebut mengacu kepada bagaimana kemegahan upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Nazvi menyebut upacara pembukaan Asian Games 2018 secara tidak langsung memengaruhi penampilan para atlet yang bertanding. Melalui upacara pembukaan itu, para atlet merasa bahwa dirinya sedang bertanding di sebuah panggung bergengsi dan spesial.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 memang menjadi sorotan dunia. Dimulai dari aksi Presiden Joko Widodo, tari ratoeh jaroe, panggung terbesar, hingga pesta kembang api, sukses menyihir siapa pun yang melihatnya.

Nazvi kemudian menilai bahwa upacara pembukaan Asian Games 2018 telah menetapkan standar bagaimana seharusnya upacara turnamen olahraga harus digelar.

Sementara itu, upacara penutupan juga tak kalah menarik perhatian. Meski tidak semegah upacara pembukaan, upacara penutupan kali ini dinilai sangat pas dan tidak berlebihan untuk mengakhiri kesuksesan Asian Games 2018 selama dua minggu.

Kemudian yang menjadi sorotan adalah bagaimana peran penting 30.000 relawan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Kerja keras para relawan seperti melayani para tamu dan atlet, menjawab pertanyaan, memberi petunjuk arah, hingga mengoordinasikan bus dengan rapi dilakukan.

Nazvi menyebut relawan di Indonesia adalah yang terbaik dalam suatu penyelenggaraan olahraga besar sekelas Asian Games 2018.

Pujian pun mengalir dari para atlet dunia seperti Sun Yang, Jordan Clarkson, Son Heung-min, Su Bingtian, dan banyak lagi. Begitulah perhatian dan peduli tentang Asian Games kali ini.

Pada akhir artikelnya, Nazvi menyebut Indonesia sangat layak menjadi kandidat penyelenggara pesta olahraga terbesar sejagat, Olimpiade.

Indonesia sendiri memang ada niat untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, juga menilai Asian Games 2018 bsia menjadi tolok ukur kesiapan Indonesia.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s