Zona Berita

Alibaba Bikin Asian Games 2018 Mendunia

Asian Games 2018 Sukses Mentahkan Pandangan Kaum Radikal

Gelaran Asian Games 2018 sejauh ini berjalan lancar dan aman. Tidak hanya itu, Indonesia tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, tetapi juga sukses prestasi. Sejauh ini Indonesia masih menempati peringkat empat dengan raihan 28 medali emas, 22 perak, dan 35 perunggu. Tiongkok di urutan teratas dengan 100 emas, 65 perak, 48 perunggu, diikuti Jepang dan Korea.

Asian Games 2018 berjalan begitu meriah bahkan mendunia. Gaung pesta olahraga terakbar se-Asia itu sampai ke Eropa dan mendunia. Nah diam-diam, perusahaan teknologi asal China, Alibaba, turut berkontribusi melambungkan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang ke berbagai belahan wilayah di dunia.

Perusahaan yang didirikan orang kaya dunia Jack Ma itu ternyata berkontribusi menyiarkan Asian Games 2018 sampai ke wilayah pelosok dunia, melalui solusi komputasi awan milik mereka, Alibaba Cloud.

Solusi tersebut membuat kemeriahan Asian Games 2018 bisa disaksikan secara langsung oleh jutaan pemirsa di kawasan Asia Pasifik yang kurang mendapat cakupan siaran langsung pesta olahraga terakbar tersebut.

Dikutip dari Alizila, Minggu 2 September 2018, untuk menyiarkan Asian Games 2018 secara langsung itu, Alibaba Cloud bekerja sama dengan Asia-Pacific Broadcasting Union Sports Network (ABU Sports).

Berkat kerja sama itu, ABU Sports untuk pertama kalinya bisa mentransmisikan video dan audio siaran langsung sampai ke pemegang hak siar hingga ke area terpencil di Mongolia dan Fiji.

Solusi komputasi awan Alibaba memungkinkan pengguna bisa menikmati siaran langsung dengan kualitas gambar tajam dari ABU Sports pada platform on demand.

Komputasi awan Alibaba itu menolong keterbatasan kapasitas penyiaran yang dimiliki Jakarta International Broadcast Center (IBC).

“Dengan teknologi kelas terbaik Alibaba Cloud yang dikirimkan ke ABU Sports, kami membawa pengalaman menonton eksklusif ke jutaan orang di kawasan Asia Pasifik,” kata General Manager Global Strategic Accounts and Sports Business Unit Alibaba Cloud, Joey Tan.

Secara teknisnya, solusi Alibaba itu mengirimkan gambar dan suara dari IBC ke markas pusat anggota ABU Sports. Selanjutnya, dengan data center dan kemampuan yang dimiliki anggota ABU Sports itu, video Asian Games 2018 diproses dan ditransmisikan melalui platform komputasi awan Alibaba ke penerima hak siar di kawasan Asia Pasifik.

ABU Sports mengirimkan siaran langsung ke area terpencil, termasuk di Fiji, Kamboja, dan Mongolia.

Sementara itu, ABU Sports mengaku puas dengan layanan Alibaba tersebut. Perusahaan penyiaran itu mengatakan, komputasi awan Alibaba terbukti bisa diandalkan sebagai alternatif dari siaran satelit.

“Dengan suksesnya penyebaran siaran ini, ABU dan Alibaba Cloud mampu untuk mengawali solusi digital yang lebih layak diandalkan, baik untuk transmisi dan siaran langsung,” jelas Direktur ABU Sports, Cai Yanjiang.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s