Zona Berita

Polisi Tangkap WN Polandia yang Diduga Jual Amunisi ke KKB Papua

Warga Polandia, Jakup Fabian Skrzypski (Foto: Haipapua.com)

ZONADAMAI.COM – Kepolisian Daerah Papua menangkap seorang warga negara Polandia bernama Jakup Fabian Skrzypski (JFS), di kawasan pegunungan tengah, Kabupaten Jayawijaya. Jakup ditangkap Jakup karena diduga sebagai pedagang amunisi dan senjata kepada kelompok separatis.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua AKBP Fernando Sanches Napitupulu mengemukakan, saat diperiksa, Jakup mengaku sebagai seorang jurnalis. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan satu pun tanda pengenal sebagai jurnalis.

“JFS, yang mengaku berprofesi sebagai jurnalis, diduga menemui KKSB (kelompok kriminal separatis bersenjata) untuk buat video dokumentasi. Saya tidak bisa pastikan dia (JFS) sudah berapa kali lakukan transaksi. Yang jelas, dia pemain lama. Amunisi yang dia (JFS) bawa ada 100 untuk jenis senjata laras panjang,” kata Napitupulu ketika ditemui di Mapolda Papua, Kamis (30/8/2018).

Proses penyelidikan terhadap Jakup, kata dia, masih terus dilakukan. Saat ini polisi sedang mencocokkan sejumlah barang bukti dan keterangan lainnya.

Menurut Napitupulu, Jakup ditangkap bersama dua rekannya warga Indonesia, yakni Y alias NY dan SCM, yang merupakan anggota KKB di Papua. Dari komunikasi yang didapatkan, pelaku telah beberapa kali berhubungan dengan kelompok separatis Papua.

“Dia bisa bahasa Indonesia, bahkan dia bisa bahasa Jawa sedikit-sedikit,” ujarnya.

Jakup masuk Papua melalui Papua Nugini lewat Pos Perbatasan Nagara Skouw, Kota Jayapura, kemudian melakukan perjalanan turis ke Wamena. Setelah tiba di Wamena, dia banyak berhubungan dengan masyarakat yang diindikasikan dengan kelompok kriminal bersenjata.

“Dari pengakuannya, JFS bekerja di perusahaan metal (besi) di Polandia,” tutur Napitupulu.[*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s