Zona Berita

Luhut Menanggapi Pernyataan Zulkifli Hasan Soal Cicilan Hutang

ZONADAMAI.COM Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi pernyataan Ketua MPR, Zulkifli Hasan soal cicilan utang Indonesia yang mencapai Rp 400 triliun. Menurut dia perihal besaran utang tersebut sudah dijelaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Kalau seperti ada yang ngomong seperti di MPR mengenai utang kita 400 triliun itu angkanya sudah dijelaskan sama Bu Sri Mulyani,” ungkapnya di Equity Tower, Jakarta, Selasa (21/8).

Dia mengharapkan, agar pihak manapun sebaiknya dapat menjelaskan pernyataan berdasarkan data sehingga tidak malah menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

“Saya pikir kita jangan bohongin anak-anak muda lah dengan memanipulasi data itu,” kata dia.

Mantan Menko Polhukam ini menegaskan bahwa setiap pernyataan di ruang publik sebaiknya ditopang oleh data yang akurat serta kompetensi dalam menganalisa data.

“Jadi membaca data itu kalau enggak mengerti ya jangan diomongin,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah tidak bisa klaim rasio utang sekitar tiga persen adalah aman. Ini karena membayar utang Rp 400 triliun per tahun itu sangatlah besar.

“Itu setara tujuh kali dari dana yang disalurkan ke desa-desa, enam kali anggaran kesehatan,” kata dia, dalam sidang tahunan MPR, Kamis (16/8).

Untuk itu, negara harus menjaga stabilitas ekonomi dan mencegah krisis sejak dini. Hal tersebut menjadi penting untuk jaga ketahanan ekonomi.

“Kita perlu melakukan melakukan pengetatan prediksi-prediksi perekonomian secara cermat, terukur, dan akuntabel,” imbuhnya. [azz]a

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s