Zona Berita

Pembukaan Asian Games 2018, Mewujudkan Misi Mustahil dalam Setahun

Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018), banjir pujian. Siapa sangka acara spektakuler tersebut hanya dipersiapkan selama satu bulan.

Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama, mengatakan upacara pembukaan tersebut merupakan puncak dari sebuah proses panjang dan tak mudah. Bahkan, secara logika sulit mempersiapkan pertunjukkan akbar dalam waktu relatih singkat.

Wishnutama mengatakan pembukaan Asian Games 2018 hanya dipersiapkan selama setahun, mulai konsep awal hingga latihan-latihan intensif.

“Secara logika entertainmen tidak masuk akal. Kami baru mempersiapkan semuanya sejak satu tahun lalu. Ketika bertemu Duta Besar Inggris untuk Indonesia, dia bilang tidak mungkin (mempersiapkan pembukaan Asian Games hanya dalam setahun),” kata Wishnutama dalam konferensi pers di Main Press Center Asian Games 2018.

“Bahkan Inggris yang sudah berpengalaman dengan entertaimen, butuh 10 tahun untuk persiapan Olimpiade London),” imbuh dia.

Wishnutama mengaku secara logika tak masuk akal mewujudkan semuanya dalam waktu relatih singkat. Namun, misi sulit tersebut berhasil terwujud berkat semangat dan kerja keras semua pihak yang terlibat.

“Semua yang terlibat bisa dibilang melakukan kerja bakti. Hingga semua ini bisa terwujud,” kata Wishnutama, soal usaha mewujudkan pembukaan Asian Games 2018 yang mengesankan.

Francis Wanadi selaku Deputi 2 Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 menambahkan proses mempersiapkan acara pembukaan hanya setahun, kemudia mengerucut enam bulan untuk mematangkan konsep dan lain-lain. Setelah itu, dalam empat bulan terakhir seluruh pengisi acara berlatih dengan keras.

“Semua ini berkat komitmen luar biasa dari semuanya. Berlatih siang dan malam tanpa lelah,” kata Francis.

Acara pembukaan berlangsung meriah dan megah, dengan melibatkan beragam atraksi dan desaing panggung yang mewah.

Pembukaan diawali dengan aksi Presiden RI Joko Widodo naik sepeda motor menuju kawasan SUGBK. Kemudian, ribuan penari saman beraksi dengan koreografi yang epic.

Parade atlet juga berlangsung meriah dengan latar belakang panggung tiga dimensi berbentuk gunung. Tarian kolosal dan penampilan musisi Tanah Air juga menghipnotis penonton dalam acara pembukaan tersebut.

Ditambah lagi, saat Via Vallen yang menyanyikan lagu Meraih Bintang, Presiden Jokowi ikut berjoget dan membuat penonton heboh.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s