Zona Berita

Mengulik Pakaian Di Opening ASIAN GAMES 2018

ZONADAMAI.COM, Upacara pembukaan (Opening Ceremony)  2018 Asian Gamestampil begitu indah dan megah. Itu semua tentu tak lepas dari peran sentuhan tangan orang-orang kreatif. Salah satunya desainer aksesori Rinaldy Yunardi. Sosok pria yang karyanya terkenal hingga mancanegara itu, terlibat banyak dalam opening ceremony Asian Games 2018.

Rinaldy bekerja sama dengan koreografer Eko Pece dalam membuat opening ceremony Asian Games 2018 yang megah. Rinaldy pun bertanggung jawab atas tiga segmen di opening ceremony Asian Games 2018. Rinady terlibat dalam setiap segmen untuk membuat kostum dan aksesori sejumlah penari yang tampil.

“Saya diberikan kepercayaan oleh Mas Eko Pece dan Mas Tama (Whisnutama) untuk menggarap tiga segmen. Ketiga segmen tersebut adalah segmen Earth, segmen Fire, dan segmen Energy,” kata Rinaldy, Minggu (19/8).

Segmen Earth

Menggambarkan bumi nusantara Indonesia dengan keanekaragamannya. Rinaldy mendesain kostum para penari dibalut dengan kostum nasional dengan mempertahankan ciri khas masing-masing. Kain daerah masing-masing daerah pun dipertahankan dengan berbagai jenis seperti songket, tenun, batik.

“Saya ambil bahan-bahan itu dari daerah masing-masing, bahan asli daerahnya masih orisinil. Agar look lebih total dan tetap modern,” ungkapnya.

Aksesori yang digunakan pun diambil asli dari sejumlah daerah di Indonesia. Warna yang digunakan berupa warna alam dan tanah seperti merah dan oranye serta hijau. Segmen ini bercerita tentang keanekaragaman Bhinneka Tunggal Ika.

Segmen Api

Dalam segmen ini Rinaldy banyak menggunakan bahan shifon berwarna merah dipadukan dengan tari Kecak Bali dan kain-kain dari Bali. Tetap mengusung konsep Bhinneka Tunggal Ika dengan keanekaragaman suku bangsa. Segmen ini mendorong para atlet untuk lebih semangat berjuang untuk meraih juara.

“Agar mengobarkan semangat cinta tanah air kepada para atlet dan bangsa Indonesua semuanya. Menyala seperti api,” jelasnya.

Segmen Energy

Rinaldy mengemasnya dalam konsep sporty dengan sweater serbaputih. Segmen ini bercerita tentang beragam profesi anak muda atau milenial. Sehingga bisa mengobarkan energi positif untuk bangsa.

“Agar cita-cita bangsa yang putih tulus dan suci bisa lebih positif di masa yang akan datang,” kata Rinaldy.

Semua persiapan ini dilakukannya selama enam bulan sebelum pesta upacara Opening Ceremony digelar. Dalam dua minggu terakhir, Rinaldy lebih intens lagi untuk mempersiapkan semuanya. Total yang ditampilkan yakni terdiri dari 55 look koleksinya.

“Saya berharap semoga para atlet bisa berjuang mempersembahkan yang terbaik dan dilancarkan semuanya agar Indonesia bisa menunjukkan imej dan citra yang terbaik sebagai tuan rumah,” tutup Rinaldy.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s