Zona Berita

Busana Daerah Memenuhi Istana Saat HUT RI 73

ZONADAMAI.COM, Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sekitar 10.000 undangan berpakaian adat menghadiri upacara yang berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jumat (17/8/2018).

Sesuai momen Kemerdekaan RI, upacara dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Sebanyak 17 dentuman meriam menggelegar dari kawasan Monas menjadi tanda dimulainya perayaan HUT ke-73 RI.

Tahun ini kembali dimeriahkan dengan penampilan pakai adat nusantara. Presiden Joko Widodo dan Paspampres tampak mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Tamu undangan yang memadati halaman Istana Merdeka juga banyak yang mengenakan pakaian adatnya masing-masing. Presiden sendiri mengaku kali ini mengenakan busana adat asal Aceh.

Jokowi mengenakan baju Meukeusah lengkap dengan penutup kepala. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan busana adat Minangkabau.

“Memang banyak pilihan-pilihan dan yang saya pilih ini (busana Aceh),” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (17/8/2018).

Tak ketinggalan, sejumlah pejabat negara juga tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Misalnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian tampil dengan baju Dayak, Kalimantan Timur, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dengan baju adat Flores, Nusa Tenggara Timur, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dengan baju Tapanuli Selatan, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengenakan pakaian adat Bali. Jokowi menuturkan, meski tampil beragam, persatuan dan kerukunan harus tetap terjaga.

“Spirit-nya saya kira kita harus optimis,  semangat membangun kerukunan, persatuan, dan kesatuan. Saya kira harus memberikan porsi yang lebih banyak pada kerukunan, persatuan, dan kesatuan karena stabilitas politik, stabilitas yang aman itu adalah model yang paling fundamental dalam kitab membangun negara ini,” tutur Jokowi.

Diketahui, sejak peringatan kemerdekaan tahun lalu, Jokowi menggagas penggunaan pakaian daerah bagi para tamu undangan sebagai bentuk apresiasi bagi keberagaman budaya Nusantara.

“Ya negara kita ini adat dan tradisinya banyak sekali. Pakaian adat juga banyak, ratusan mungkin ribuan,” ujar Jokowi.

Selain aneka ragam baju adat, perayaan HUT ke-73 RI yang mengusung tema Kerja Kita, Prestasi Bangsa ini juga diwarnai aksi akrobatik flypass 17 pesawat tempur TNI AU, seperti Sukhoi dan F-16.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s