Zona Berita

Basarnas Siagakan Heli Untuk Penanganan Darurat di Asian Games Palembang

Basarnas Palembang menyiapkan satu unit helikopter bantuan untuk Asian Games 2018. Heli disiagakan untuk mengangkut korban dari Jakabaring ke rumah sakit RK Charitas.

Kepala Basarnas Palembang, Berty D.Y Kowaas menyebut helikopter Dauphin HR-3604 disiagakan sejak 14 Agustus hingga 2 September. Nantinya satu unit heli akan membawa korban apabila ada insiden darurat di Jakabaring.

“Satu unit helikopter jenis dauphin kami siagakan di Palembang selama gelaran Asian Games. Heli akan mengevakuasi korban apabila ada insiden darurat pada atlet,” kata Berty saat simulasi di rumah sakit RK Charitas, Rabu (15/8/2018).

Dalam simulasinya, heli dauphin terbang dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju venue Jakabaring. Selanjutnya Heli mengevakuasi korban dan mendarat di helipad rumah sakit RK Charitas.

Di sana, beberapa personil Basarnas dan dokter di rumah sakit RK Charitas terlihat telah menunggu kedatangan korban. Tak hanya itu, beberapa peralatan medis dan dokter spesialis juga telah siaga 24 jam.

“Sekarang kami akan menghitung berapa waktu tempuh saat membawa korban ke rumah sakit RK Charitas sebagai rumah sakit rujukan Asian Games. Kami juga menghitung waktu evakuasi melalui jalur darat supaya bisa dilihat selisihnya,” kata Berty.

“Yang paling kami waspadai saat Asian Games adalah kemacetan. Kita ketahui bersama bahwa jalanan di Palembang juga padat dan macet, tentu ini menjadi perhatian dan kami siagakan helikopter ini untuk kebutuhan darurat,” katanya.

Tapi, sampai saat ini izin penggunaan helikopter itu belum kelar. Panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) tengah memprosesnya. Sementara itu, penasihat rumah sakit RK Charitas, Hardi Darmawan, mengatakan pihaknya telah menyiapkan helipad dari 3 tahun lalu. Namun, baru kali ini helipad digunakan.

“Helipad Ini kami siapkan sejak 3 tahun lalu, memang kami siapkan untuk Asian Games. Tapi karena biaya terlalu mahal, baru kali pertama ini ada heli mendarat di sini,” kata Hardi.

Sebagai mantan Dirut RK Charitas, Hardi juga telah mempersiapkan tim spesialis untuk mensukseskan Asian Games. Tim nantinya bekerja menangani keperluan medis bagi atlet, ofisial dan tamu negara peserta Asian Games.

“Kami sudah siap menjadi rumah sakit rujukan Asian Games. Mudah-mudahan keberadaan helikopter Basarnas ini juga dapat mempermudah evakuasi darurat jika ada insiden di Jakabaring,” katanya. (detik)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s