Zona Berita

Selama Asian Games 2018, Palembang Akan Gelar Pesta Rakyat

ZONADAMAI.COM – Palembang semakin gencar promosi Asian Games 2018. Untuk memeriahkan acara ini, Palembang akan adakan pesta rakyat selama Asian Games 2018 berlangsung.

Semangat menyambut Asian Games 2018 terus menggelora, berbagai festival rakyat digelar di DKI Jakarta dan Palembang. Khusus untuk di Palembang, festival rakyat akan digelar selama Asian Games berlangsung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga mengatakan pihaknya akan menggelar Festival Sriwijaya yang bercerita tentang kebudayaan, pariwista dan pesta rakyat pada masa lampau.

“Selama Asian Games nanti kita ada dua festival yang digelar di Jakabaring dan BKB. Festival ini akan bercerita tentang kebudayaan, serta bagaimana perjalanan budaya yang akhirnya menjadi destinasi wisata,” kata Irene, Selasa (7/8/2018).

Festival sendiri, kata Irene, digelar dari 8 Agustus hingga 2 September. Nantinya panitia pelaksanna akan menampilkan berbagai pertunjukan, mulai komunitas, UKM, seni, kebudayaan dan para pelaku wisata.

Khusus untuk festival, Irene mengatakan akan dimulai pada 18 Agustus, tapi pada 8 Agustus besok berbagai kegiatan telah dibuka di Benteng Kuto Besak. Termasuk pesta rakyat berupa pertunjukan wayang Palembang.

“Kalau kita bicara kebudayaan itu sangat banyak sekali, yang pasti selama festival ada pertunjukan seni, musik, serta pesta rakyat. Termasuk kuliner, karena pempek 1.818 biji akan dibagikan besok sebagai bentuk dimulainya festival dan akan ada pemecahan rekor muri juga,” kata Irene.

“Khusus di Jakabaring, nanti ada acara outdoor dan perfomance setiap harinya dari pukul 17.00 WIB. Ada tarian masal, karena ada 4.000 tamu undangan yang hadir saat relay Asian Games tanggal 18 Agustus,” kata Irene.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani mengatakan Pemkot akan mendukung penuh Asian Games di Palembang. Berbagai event akan digelar di pelataran BKB hingga 2 September mendatang.

“Kami suport penuh pelaksanaan Asian Games di Palembang. Termasuk pada penyelengaran Festival Sriwijaya yang digagas Disbudpar Sumatera Selatan. Bahkan untuk di sungai Musi nantinya akan ada festival perahu bidar hias dan permainan tradisional,” kata Isnaini.

Sedangkan untuk kuliner, Isnaini sudah berkoordinasi dengan BBPOM dalam mengawasi makanan yang dijual oleh para pengusaha saat Asian Games di Palembang. Salah satunya dengan pemasangan stiker ‘Aman Konsumsi’.

“Untuk pusat kuliner sudah kemarin kami sudah dikoordinasikan dengan BBPOM, semua tempat kuliner dipasang stiker bertuliskan bebas zat-zat berbahaya dan aman konsumsi. Jadi wisatawan yang datang akan nyaman, percaya bahwa makanan yang mereka konsumsi sudah aman,” tegas Isnaini.

Saat ini, kata Isnaini, pihaknya bersama Disbudpar dan pelaku usaha bersama-sama komitmen mensukseskan Asian Games, khususnya di Kota Palembang. Berbagai destinasi wisata diperbaiki dan ditata kembali agar wisman merasa nyaman saat berada di Kota Pempek. (detik)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s