Zona Berita

Persiapan Akhir Tim Renang Indonesia Jelang Asian Games 2018

Sisa waktu jelang Asian Games 2018 dimanfaatkan para perenang nasional beradaptasi di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan. Mereka masuk masa persiapan khusus.

Hal itu tampak pada latihan yang berlangsung pada Selasa (7/8/2018) pukul 08.00 WIB pagi. I Gede Siman Sudartawa dkk berlatih di kolam sendiri dan langsung dipandu oleh pelatih renang nasional Albert C. Sutanto dan Marifa Herman Yus.

“Jadi sekarang mereka sudah masuk ke spesialis gayanya masing-masing. Latihan pun sekarang hanya sekali sehari karena sudah semakin dekat pertandingan,” kata Albert di sela-sela pelatihannya.

Kolam memang dibagi tiga kelompok. Kolam pertama khusus perenang putra, sementara kolam utama diisi perenang wanita seperti Azzahra Permatahani dkk, sedangkan halnya dengan kolam ketiga diisi oleh perenang-perenang muda lainnya.

Albert menjelaskan, timnya sudah menjalani latihan di Stadion Akuatik sejak 1 Agustus lalu. Sementara untuk tempat tinggal, Siman dkk menginap di Hotel Atlet Century, Senayan, hingga 14 Agustus, untuk nantinya pindah ke Wisma Atlet Kemayoran.

“Sejauh ini memang persiapan anak-anak sudah menyentuh masa khusus. Sementara yang muda-muda masih di posisi sedikit berat nanti menjelang seminggu lagi baru masuk latihan lebih spesifik lagi,” jelas Albert.

“Ya, jika dilihat hasil anak-anak dari sisi fisik badan itu terlihat kering. Artinya bahwa asupan makanan berjalan dengan baik kemudian cara mereka memanajemen diri juga semakin baik, datang ke kolam tidak lagi duduk-duduk tapi mereka langsung melakukan streaching dan saya anggap itu improve mereka, dari kebiasaan-kebiasaan mereka yang kurang baik sudah jauh lebih baik.”

“Kemudian dari sisi waktu juga, tidak dari lima-limanya, tapi seperti Siman (catatan waktunya) sudah masuk 25,39 detik dan 25,33 detik. Kan itu belum pernah dilakukan sebelumnya, biasanya di mix session itu paling bagus cuma 25,6 detik begitu juga dengan Triady Fauzi Siddiq dan juga Gagarin Nathaniel. Itu yang sampai di mix session ini menunjukkan prestasi yang cukup baik dari sisi waktu bertanding padahal masih dalam latihan yang berat.”

“Sementara dari segi fisik mereka sudah cukup bagus dan kami sudah memonitor itu, dan mereka improving sekali. Dari kemarin kami melakukan latihan di sini juga latihan beban untuk mencari power mereka, dan power mereka sangat baik,” tambahnya. (detik)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s