Zona Berita

Kampung Atlet Rasa Hotel Bintang Tiga untuk Asian Games

Kampung Atlet di Jakabaring Sport City (JSC) yang menjadi tempat tinggal bagi para anggota kontingen negara-negara Asia selama Asian Games 2018 berlangsung diklaim memiliki fasilitas seperti hotel bintang tiga.

Ini bukan kali pertama Kampung Atlet menampung para olahragawan beristirahat di sana. Sebelumnya, Kampung Atlet juga digunakan saat penyelenggaraan pesta olahraga tingkat Asia Tenggara yakni SEA Games pada 2011.

Tidak begitu banyak perubahan dalam area Kampung Atlet untuk Asian Games. Namun ada sejumlah penyempurnaan seperti pembangunan gedung untuk menampung kapasitas atlet yang lebih besar, dekorasi khas Asian Games, dan lain-lain.

Pintu masuk Kampung Atlet dibuat cerah ceria dengan lorong tiang warna-warni. Sedangkan seberang pintu belakang terdapat masjid yang bersebelahan dengan Sport Science Center.

“Kalau disandingkan dengan hotel berbintang, kami setara dengan hotel bintang tiga tapi tanpa kolam renang,” kata Pengawas Housekeeping Kampung Atlet JSC Hadi Wijaya kepada CNNIndonesia.com .

Berdasarkan data yang diterima CNNIndonesia.com, tempat tinggal atlet di JSC terletak di tiga area yakni Kampung Atlet, Rusunawa dan Rusunami Centra Land.

Model tempat tinggal di Kampung Atlet adalah wisma dengan tiga bangunan utama. Sedangkan Rusunawa dan Rusunami Centra Land seperti apartemen dengan tujuh menara yang dilengkapi lift.

Dari 10 bangunan itu terdapat 1.076 kamar dengan kapasitas masing-masing kamar menampung tiga orang. Total 3.228 atlet bisa tinggal di sana.

Kamar yang ada di dalam kampung atlet cukup layak ditinggali atlet selama kurang lebih tiga pekan. Masing-masing kamar memiliki tiga kasur lengkap dengan satu bantal dan selimut, satu kamar mandi, dapur, tiga lemari pakaian, serta pendingin ruangan.

Mengenai menu makanan, Hadi mengatakan para pekerja di sana akan menyajikan masakan Eropa, Asia, dan tradisional khas Indonesia.

“Dari pukul 05.30 pagi sampai 00.00 malam tersedia makanan. Sarapan dari pukul 5.30 sampai 10.00, makan siang pukul 11.30 sampai 15.00,” ucap Hadi.

“Setelah jam makan siang, ada coffee break dan snack. Makan malam dimulai pukul 18.00 sampai 22.00, setelah itu ada coffee break dan snack lagi,” katanya menambahkan.

Dalam area Kampung Atlet, dibangun juga sebuah gedung sebagai ruang makan bersama. Bangunan tersebut menyediakan makanan prasmanan dan dapat menampung hingga 2.500 orang.

Bagi atlet yang ingin berkeliling kawasan JSC, Kampung Atlet juga menyediakan kendaraan ramah lingkungan berupa mobil golf saat AG2018. Kompleks olahraga JSC memiliki luas lahan 360 hektar.

Selain itu, Kampung Atlet juga dilengkapi CCTV di berbagai titik agar kemanan tetap terjaga.

“Kampung Atlet sampai saat ini tidak ada kasus kehilangan, alhamdulillah selama ini dari SEA Games sampai sekarang tidak pernah ada laporan kehilangan. Karena semua pekerja yang keluar dan masuk, itu ada pemeriksaan badan terlebih dahulu,” ujar Hadi. (cnn)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s