Zona Berita

Pendapat Gubernur BI Tentang Trilion Dollar Club

ZONADAMAI.COM, Indonesia disebut sebagai negara dengan ekonomi triliunan dolar atau trillion dollar club. Hal ini karena nilai Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai USD 1 triliun atau setara Rp 13.500 triliun (kurs Rp 13.500) pada 2017.

Posisi tersebut semakin mengukuhkan ekonomi Indonesia sebagai salah satu negara yang terbesar di Asia Tenggara.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan nilai ekonomi Indonesia tersebut. Menurutnya, hal itu dipengaruhi faktor nilai tukar rupiah yang terjaga.

“Jadi ekonomi kita yang one trillion dolar itu kami sambut baik, itu juga ada peran karena nilai tukar kita terjaga baik, sehingga ekuivalen dalam US dolar bisa menembus one trillion dolar,” ujar Agus dalam High Level International Conference di Jakarta, Selasa (27/2).

Peningkatan nilai ekonomi juga akan memberikan sejumlah keuntungan bagi Indonesia. Misalnya, pengakuan dunia bahwa Indonesia merupakan negara dengan ekonomi besar.

“Indonesia luar biasa, Indonesia masuk ke dalam one trillion dollar ekonomi, dan one trillion dollar ekonomi itu adalah sesuatu yang besar dan itu menunjukkan bahwa Indonesia mengarah kepada ekonomi besar dunia,” jelasnya.

Categories: Zona Berita, Zona Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s