Zona Berita

Jokowi Dan 9 Parpol Pendukung Siap Wujudkan Nawacita Jilid II

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan sembilan sekjen partai-partai koalisi, berlangsung lebih dari satu jam.

Pertemuan di Green Garden Kebun Raya Bogor Selasa malam 31 Juli 2018, menurut Sekjen PDI Perjuangan, ada empat poin. Diantaranya, Nawacita jilid kedua.

Apalagi, tahapan pilpres akan segera dimulai, dengan pendaftaran capres-cawapres pada 4-10 Agustus 2018.

“Seluruh sekjen akan menjabarkan itu di dalam memformulasikan bagaiamana suatu tata pemerintahan yang lebih baik, tata pemerintahan yang lebih ke bawah bersama dengan rakyat, sesuai dengan tradisi Pak Jokowi yang selalu blusukan,” jelas Hasto, usai pertemuan.

Pembahasan kedua, adalah langkah-langkah strategis para partai pengusung, dalam menjabarkan program-program pemerintah.

“Bagaimana penjabaran dari nawacita kedua. Sudah ada tim khusus yang menggoodok itu,” jelas Hasto.

Nawacita jilid II ini, digodok oleh tim lalu akan dimatangkan bersama-sama dengan partai pendukung. Dengan begitu, karena Nawacita jilid II akan menjadi visi misi andalan lagi, maka perlu ada sinergi antara partai pendukung dengan Jokowi.

“Sehingga betul-betul terjadi sinergi dalam hal visi misi dengan bapak Presiden itu sendiri itu yang kami jabarkan,” jelas Hasto.

Poin ketiga, adalah masalah tim kampanye. Karena pileg dan pilpres berjalan bersamaan, maka peran para caleg dari sembilan partai pendukung dalam menjabarkan kesuksesan pemerintahan Jokowi-JK, harus dipahamkan.

“Keempat itu juga ada arahan-arahan khusus dari bapak Jokowi yang mohon maaf yang tidak dapat kami sampaikan ke publik,” kata Hasto.

Namun pesan rahasia itu, akan dijabarkan lebih lanjut pada pertemuan lanjutan antar sekjen.

“Intinya seluruh parpol dengan pertemuan para ketum yang dilanjutkan para sekjen, sudah membahas sampai tahap detil strategi operasional pemenangan presiden,” katanya.

Berikut isi Nawacita yang menjadi andalan Jokowi pada Pilpres 2014 lalu:

1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan lembaga perwakilan.

3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

5.Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program “Indonesia Kerja” dan “Indonesia Sejahtera” dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.

6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.

9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga. (viva)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s