Zona Berita

Wajah Baru Jakarta Jelang Asian Games 2018

Acara akbar se-Asia yaitu Asian Games 2018, hanya tinggal menghitung hari, yang akan berlangsung pada 18 Agustus 2018. Ajang olahraga internasional ini akan berlangsung di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang.

Hal tersebut membuat pemerintah berbenah dan mulai mempercantik tata kota, juga memperbaharui infrastruktur. Berikut beberapa wajah-wajah baru di Jakarta menjelang Asian Games 2018.

1. Lapangan Banteng

Area tempat olahraga yang berada di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat ini sudah bisa digunakan kembali setelah direvitalisasi selama 1 tahun. Wajah baru Lapangan Banteng yang baru saja di resmikan pada 25 Juli 2018 ini sekarang bukan hanya sebagai tempat olahraga namun juga untuk tempat rekreasi keluarga.

Dengan wajah baru Lapangan Banteng jelang perhelatan internasional tersebut,selain  turut mempercantik kota Jakarta, namun juga untuk membangkitkan demam Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018.

Berbagai fasilitas olahraga seperti lapangan bola, basket, voli, dan jalur lari yang mengelilingi lapangan sepak bola. Selain itu ada juga tempat untuk dijadikan anak muda sekarang untuk berburu foto seperti Amphiteatre, Dinding Kutipan dan Air Mancur. Pengunjung juga bisa mengajak anaknya untuk berjalan-jalan ke Lapangan Banteng ini karena di sana juga terdapat area bermain anak yang di dalamnya terdapat ayunan, prosotan, jungkat-jungkit serta mainan lainnya yang pastinya membuat anak Anda senang.

2. Jakarta International Velodrome

Salah satu stadion yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 yaitu Jakarta International Velodrome yang terletak di Rawamangun ini sudah seperti berada di kelas Internasional.

Jakarta International Velodrome ini merupakan vanue yang akan digunakan untuk cabang olahraga Balap Sepeda. Stadion yang berbentuk kubah melonjong ini merupakan salah satu stadion yang terbaik di Asia dan mampu menampung hingga 3000 penonton. Selain itu stadion ini berkonsep Eco Stadium yang sangat ramah lingkungan. Berbagai fasilitas sudah disiapkan seperti untuk penunjang difabel, keamanan, pendingin udara, hingga keperluan untuk atlet. Stadion ini pun sudah mendapatkan setifikat terbaik dari UCI (Persatuan Sepeda Internasional).

3. Halte Sudirman

Inilah yang akhir-akhir menjadi pembicaraan oleh masyrakat, yaitu halte bus di Jalan Jenderal Sudirman yang terhalang rumput. Penataan rumput ang begitu lebar tersebut persis di depan halte bus tentunya membuat masyarakat yang ingin menggunakan transportasi umum kesulitan saat ingin naik dan turun bus.

Adanya rumput di depan halte bus tersebut, merupakan salah satu bagian dari penataan jalur pejalan kaki (pedestrian) di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin menjelang event Asian Games 2018.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja mengatakan, penataan trotoar yang ada dalam foto tersebut bukanlah kewenangan dari Kementerian PUPR ataupun pemerintah pusat. Menurutnya, penataan trotoar dan pedestrian di kawasan Sudirman dan Thamrin merupakan tugas dari PT MRT Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pada akhirnya, kini halte bus disepanjang jalan tersebut pun tengah dibongkar sebagian untuk menyediakan ruang untuk akses naik turun bus.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s