Zona Berita

Kemenhub Pastikan Pengemudi Ojek “Online” Dukung Asian Games

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pengemudi ojek daring atau online telah sepakat untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan tidak melakukan demonstrasi saat pembukaan Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus 2018.

“Harapan saya dipastikan (tidak demo). Mudah-mudahan saudara-saudara kita itu melihat Asian Games sebagai sebuah event akbar, untuk kebanggaan bangsa, bisa turut berpartisipasi,” kata Budi usai rapat dengan Komisi V di DPR RI, Selasa (24/7/2018).

Sebelumnya, anggota Presidium Gerakan Aksi Roda Dua atau Garda Indonesia Igun Wicaksono menuturkan pengemudi ojek online berencana unjuk rasa saat pembukaan Asian Games 2018.

Unjuk rasa yang bertepatan dengan momentum pembukaan perhelatan internasional itu dilakukan agar tuntutan mereka bisa mendapatkan perhatian khalayak dunia.

Salah satu tuntutan utama para pengemudi ojek online melalui rencana unjuk rasa tersebut, menurut Igun, adalah mendesak pemerintah menerbitkan payung hukum bagi ojek online.

Selain itu, Igun memandang perusahaan tempatnya bekerja, Grab Indonesia, tidak bisa jadi tempat mereka mengadu lagi karena sudah jadi sponsor resmi Asian Games.

Urung demo

Secara terpisah, Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengungkapkan, pengemudi ojek online yang tadinya mau berdemo sudah mengurungkan niatnya.

Cucu memastikan, Garda selaku salah satu asosiasi yang menaungi pengemudi ojek online sudah menyatakan tidak jadi unjuk rasa.

“Jadi, mereka justru ingin ikut menikmati kegiatan ini. Ini kan belum tentu ada event seperti ini lagi, teman-teman (pengemudi) ojek online juga pasti ikut menikmati, pasti banyak tamu, itu juga meningkatkan penghasilan teman-teman,” tutur Cucu. (kompas)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s