Zona Berita

Mengenal Tempat Persinggahan Api Obor Asian Games di Mataram

Setelah mengunjungi Bali, Senin (23/7/2018), kirab obor Asian Games melanjutkan perjalanannya menuju Mataram.

Rombongan pembawa api obor Asian Games 2018 tiba di Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pukul 08.00 WITA, Rabu (25/7/2018).

Desa Sasak Sade

Setelah tiba di Mataram, kirab obor langsung melanjutkan perjalanan ke Desa Sasak Sade dan tiba sekitar pukul 08.50 WITA.

Desa Sasak Sede merupakan desa tradisional Suku Sasak yang terletak di Kampung Sade, Desa Rembitan, Kabupaten Lombok Tengah.

Di desa ini masih berdiri rumah tradisional Suku Sasak dengan dinding anyaman bambu dan atap alang-alang.

Wisatawan yang mengunjungi Sade akan disambut oleh pemandu yang merupakan pemuda setempat. Wisatawan akan diajak menyusuri perkampungan.

Bagian teras rumah masyarakat Suku Sasak dimanfaatkan sebagai gerai yang dipenuhi berbagai cendera mata, seperti gelang, kalung, gantungan kunci, hingga kain tenun.

Tenun dan pariwisata menjadi sumber penghasilan utama masyarakat sekitar, selain bertani. Tenun Sasak memiliki ciri khas banyak motif.

Kuta Mandalika

Selanjutnya kirab obor Asian Games akan melanjutkan perjalanan ke Kuta Mandalika dan tiba sekitar pukul 09.15 WITA. Kuta Mandalika masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. KEK Mandalika terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan.

Kuta Mandalika berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih dengan latar belakang pemandangan bukit yang digemari wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

Pengunjung juga bisa berburu oleh-oleh. Pasalnya selain terdapat toko yang terjejer sepanjang kawasan Pantai Kuta, berbagai buah tangan khas Lombok dijajakan di sini, seperti kain tenun, kaus, gelang, hingga ikat kepala.

Sekitar pukul 10.15 rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Tua Ampenan dan akan memulai lari mengelilingi kota Mataram dari Taman Malomba. Perlari akan berlari mengitari 20 titik di Mataram dan berhenti di Kantor Gubernur NTB. (kompas)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s