Zona Berita

“Gendang Beleq” Sambut Api Asian Games di Lombok

Kesenian khas Lombok, Gendang Beleq, menyambut kedatangan api obor Asian Games 2018 di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu, 25/7. Sekurangnya ADA 15 pemain Gendang Beleq yang memperlihatkan keahliannya memainkan gendang dan tarian.

Obor Asian Games tiba di bandara pukul 07.45 WITA setelah diterbangkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Prosesi penyerahan obor dilakukan dari Marsekal Pertama TNI Eko Dono Indarto kepada Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Rosiady Husaenie Sayuti.

Selain itu dilakukan pula prosesi pengalungan selendang khas Lombok kepada delegasi yang membawa api obor. Setelah usai, obor dibawa menuju Desa Sasak Sade di Lombok Tengah.

Berdasar jadwal, pada tanggal 26-28 Juli selanjutnya obor akan berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati bersama panitia kegiatan Selasa, sudah melakukan peninjauan rute yang akan dilalui tim kirab Obor Asian Games.

Abdul Faris Umlati mengatakan tim yang membawa Obor Asian Games dari Kota Sorong akan menuju ke destinasi wisata Piaynemo dengan menggunakan kapal perang Indonesia. Setelah prosesi obor di Pulau Piaynemo, obor akan dibawa tim menuju Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat oleh tim pelari.

“Saya sebagai kepala daerah bersama dengan muspida setempat akan menyambut Obor Asian Games di Pelabuhan Waisai dan menyerahkan kepada tim pelari membawa obor mengelilingi kota,” ujarnya. (tempo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s